TOBA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo dalam Sidang Tahunan Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) RI dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, Rabu (16/8/2023). Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Toba Effendi Napitupulu,SE, bersama Wakil Ketua DPRD Toba Candrow Manurung,S.H di pandu Sekretaris DPRD Kabupaten Toba Joni Hutajulu,S.P di ikuti para Anggota DPRD Kabupaten Toba.
 
Hadir dalam paripurna ini, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus bersama Waki Bupati Toba Tonny Simanjuntak,S.E, Kapolres Toba AKBP Hidayat Thayeb,S.H S.I.K, Ketua Pengadilan Negeri Toba Evelyn Napitupulu,S.H,MH, Sekda Kabupaten Toba Drs. Augus Sitorus, Pabung 0210/TU Mayor Inf K Napitupulu, pimpinan OPD serta undangan lainnya. 
 
Ketua DPRD Kabupaten Toba Effendi Napitupulu,SE dalam sambutannya mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan atas berkat dan rahmatnya karena masih bisa merayakan HUT Kemerdekaan dengan bebas tanpa dibayangi rasa ketakutan.
 
Hal ini, mengingat di beberapa tahun terakhir, peringatan HUT RI dalam suasana pandemi Covid-19. Namun pada tahun ini dapat dengan bebas dirayakan dengan meriah. 
 
"Pada hari ini kita semua akan mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI Ir.H.Joko Widodo yang disiarkan langsung secara Live keseluruhan pelosok nusantara Indonesia dari Gedung Nusantara ruang Rapat Paripurna DPR/MPR/DPD RI Jakarta. Perlu kita pahami dan cermati, Esensi dari pidato kenegaraan Presiden RI tahun 2023 ini adalah sebagai wujud lanjutan perjuangan para pejuang terdahulu," ujar Effendi Napitupulu 
 
Lanjutnya, dengan tema peringatan HUT RI ke-78 tahun 2023 "Terus melaju untuk Indonesia Maju", menggambarkan berbagai pencepatan pembangunan yang telah diraih. Melalui tema ini diharapkan akan menjadi pendorong semangat nasionalisme dan jiwa patriot kebangsaan bagi segenap bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju.
 
"Pada momen ini Indonesia telah menunjukkan aksi nyata yang progratif dan diharapkan untuk ke depan jangan sampai berhenti".
 
Efendi SP Napitupulu juga mengajak, melalui paripurna ini dijadikan membangun semangat nasionalisme dalam meraih cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Dan kita jadikan moment ini sebagai motivasi untuk meningkatakan semangat juang kita dan tidak kenal menyerah " ujarnya
 
Tampak dalam siaran langsung yang ditayangkan di sidang Paripurna DPR RI sebelum Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraannya, dibuka Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan kemudian dilanjutkan dengan pidato pengantar sidang bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti.
 
Dalam pidatonya Presiden RI Ir.H.Joko Widodo mengajak dukungan dan kerjasama seluruh Komponen bangsa Indonesia untuk menjadikan Indonesia maju menuju Indonesia emas di tahun 2045 nanti.
 
"Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, inilah yang menjadi semboyan Bulan Kemerdekaan pada tahun ini. Ini hanya bisa diraih dengan sikap terbuka dan siap berubah dalam menghadapi dunia yang penuh disrupsi. Indonesia emas hanya bisa dicapai jika kita semua bahu - membahu dan saling bergandengan tangan dalam satu tujuan. Kita harus tangguh dalam menghadapi pandemi dan berbagai ujian yang akan kita hadapi dan kita harus terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa," ujar Presiden Jokowi
 
Dalam sidang tahunan MPR/DPR/DPD RI 2023 yang digelar di gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat daerah Tanimbar, Provinsi Maluku.
 
Jokowi hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan kebaya warna cokelat, sedangkan sang Kepala Negara tampak mengenakan kemeja putih dipadu kain tenun yang juga dilengkapi dengan hiasan kalung dan ikat kepala.
 
Dalam kesempatan tersebut usai Paripurna DPRD Kabupaten Toba digelar Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K juga menyampaikan ucapan selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun 2023.
 
"Saya Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.I.K beserta seluruh jajaran mengucapkan selamat hari kemerdekaan RI Ke 78 Dirgahayu Indonesia, "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju," ucapnya dengan semangat.