PADANGSIDIMPUAN - Meski dalam cuaca kondisi diguyur hujan, upacara renungan suci dalam rangka mengenang jasa para pahlawan, di Taman Makam Bahagia, jalan Mgr Maradat Kelurahan Ujung Padang Kota Padangsidimpuan, Kamis (17/8/2023) dini hari berlangsung khidmat pukul 00.00 Wib. Renungan suci dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78 tahun. Kegiatan ini turut dihadiri Forkopimda Kota Padangsidimpuan, anggota TNI, Polri, Brimob, Sat Pol PP, Dishub dan Pramuka.
 
Lampu dipadamkan sebagai tanda dimulainya kegiatan dan selanjutnya obor dinyalakan langsung Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan, S.H. S.IK, M.H dan diikuti para peserta upacara.
 
Dalam Kegiatan Tersebut bertindak selaku inspektur upacara yakni Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan, perwira upacara Kabagops Kompol S Silitonga dan selaku Komandan Upacara oleh IPTU Sulaiman Rangkuti.
 
Hadir dalam renungan suci antara lain; Wali Kota Padangsidimpuan H. Irsan Efendi Nasution, Wakil Walikota H. Arwin Siregar, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan Jasmin Manulang, Dandim 0212 /TS diwakili oleh Kasdim Mayor Inf. A.D. Surbakti, Danyon 123/RW Letkol Inf Emick Chandra Nasution, Anggota DPRD Padangsidimpuan.
 
Tampak juga Barisan Perwira TNI-POLRI, Pejabat Pemko Padangsidimpuan Barisan Kodim 0212/TS, Batalyon 123/RW, Batalyon C Brimob Polda Sumut dan Personil Polres Padangsidimpuan. 
 
Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan menyatakan, melalui acara renungan suci diharapkan dapat mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan, terutama pahlawan kemerdekaan.
 
"Kami berjanji akan meneruskan perjuangan para pahlawan,” katanya
 
"Berkat kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah, sehingga udara kebebasan dapat kita nikmati sampai saat sekarang,” tambah Kapolres AKBP Dudung.
 
Melalui kegiatan renungan suci, kata AKBP Dudung, seperti itu dapat pula memberi pelajaran berharga akan pentingnya sikap saling menghargai dan saling menghormati antar sesama manusia. Setiap perbedaan yang ada, merupakan anugerah yang sangat berharga.
 
Lanjut AKBP Dudung Setyawan menegaskan bahwa para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa ini telah melakukan hal yang sangat berharga untuk Indonesia.
 
"Sudah sepatutnya kita para penerus bangsa ini untuk menghormati dan meneruskan perjuangan para pahlawan dengan memberikan kontribusi positif pada kemajuan bangsa melalui prestasi, sehingga Negeri tercinta kita ini semakin maju dan berkembang lebih baik lagi, sesuai tema HUT Kemerdekaan RI Ke-78," pungkasnya.