PALAS - Ratusan Marching Band dari berbagai sekolah mulai tingkat SD, SMP dan SMA dan Pondok Pesantren mengikuti pawai deville, Kamis (17/8/2023). Konvoi pawai deville diiringi marching band menambah semarak HUT RI ke 78 yang dilepas secara resmi oleh Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH didampingi Sekda, Arpan Nasution, S.Sos bersama Forkopimda.

Kegiatan pawai deville mengambil  titik start dari lapangan Merdeka Sibuhuan dengan rute yang ditempuh keliling pusat pasar Sibuhuan dan berakhir di titik finish Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan dengan melewati panggung kehormatan  yang disambut langsung Plt Bupati Palas dan Forkopimda.

Peserta pawai karnaval dari seluruh tingkatan sekolah tersebut, selain memakai baju dengan berbagai pernak pernik dan seragam sekolah mewarnai kegiatan pawai deville.

“Rangkaian berbagai perayaan semarak HUT RI ke 78 sebagai bentuk menyatukan persatuan dan kesatuan dalam kebhineka tunggal ika yang mencerminkan kearifan lokal," kata Plt Bupati.

Sebelumnya, Sekda Palas, Arpan Nasution,S.Sos mengatakan kegiatan pawai deville ini merupakan kegiatan terakhir di perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini.

“Kita perlu menanamkan sikap kesadaran berbangsa dan bernegara termasuk meningkatkan rasa persatuan bangsa untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Sementara itu, Kadis Dikbud Palas, Hj. Rodida Wati Suriani, S.Pd melalui Sekretaris, M.Syahdin Daulay, MM mengatakan, pawai deville ini diikuti 55 sekolah untuk tampil memperkenalkan tentang kedisplinan dan kebersamaan.

Dikatakan, melalui pawai deville ini  diharapkan dapat tercipta generasi yang cerdas dan berkualitas serta menanamkan jiwa untuk cinta tanah air.

Selain itu, lanjutnya pawai deville  diiringi marching band ini juga untuk meningkatkan makna pemahaman untuk menjaga persatuan dan kesatuan yang mengambarkan kearifan lokal daerah dalam mewujudkan Palas Bercahaya.

Ditambahkan, setiap peserta pawai deville yang melintasi panggung kehormatan, diberikan uang pembinaan oleh Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht, MM., M.Si,MH dan Ketua TP-PKK Palas,Ny Emma Nurul Zarnawi  sebagai bentuk memotivasi dan mendorong  semangat terhadap pelajar.

"Kita patut  bangga dengan pawai deville yang cukup meriah yang diikuti  ratusan murid sekolah dari semua jenjang pendidikan," tutupnya.