LABUHANBATU - Dirgahayu HUT RI Ke-78 tahun 2023, sebanyak 597 orang Anak Binaan dan Tahanan Lapas kelas IIA Rantauprapat memperoleh remisi umum (potongan masa tahanan) dari Menkumham RI. Surat keputusan Kemenkum dan HAM tersebut disampaikan oleh Bupati Labuhanbatu dr. H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, pada saat menjadi inspektur upacara HUT RI Ke-78 tahun 2023 di rumah tahanan lapas kelas IIA Rantauprapat Kelurahan lobusona Kecamatan Rantau Selatan Kamis 17/8/2023.

Dalam amanat tertulisnya Menteri Hukum dan HAM Yasona Lauli yang dibacakan oleh Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, menyampaikan, peringatan hari ulang tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini mengusung tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" dirangkai dengan pemberian remisi umum tahun 2023 bagi nara pidana dan anak binaan.

Slogan hari ulang tahun RI ke- 78 dengan tema besar "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" tentunya memiliki makna tersendiri yang diartikan untuk menghadapi perubahan kondisi pandemi. Pemilihan tema ini berdasarkan pencapaian yang telah diraih Indonesia dan menjadikan posisi bangsa ini menguntungkan dalam melanjutkan gerakan pembangunan negara. Pencapaian ini merupakan wujud aksi nyata yang progresif.

Aksi nyata yang progresif itu jangan sampai berhenti dan perlu untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat estafet. Hari ulang tahun RI ke- 78 pada tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Pada ulang tahun kemerdekaan RI yang ke- 78 pada periode tahun 2022-2023 telah memiliki posisi penting dalam memimpin arah dan tujuan kerjasama politik ekonomi dan sosial budaya, melalui peristiwa peran presidensi G20 di Tahun 2022 menerima tongkat estafet kekuatan ASEAN di tahun 2003 serta pemindahan ibukota negara di tahun mendatang.

Lebih lanjut di sampaikan Bupati,
bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah pada hari ini memberikan remisi kepada 175.510 orang narapidana se- Indonesia terdiri dari remisi umum(potongan masa tahanan) sebanyak 172.904 orang dan yang mendapat remisi umum 2 di mana setelah mendapatkan remisi ini dinyatakan langsung bebas sebanyak 2.606 orang.

Saya ucapkan selamat atas remisi tahun ini bagi seluruh warga binaan masyarakat di Lapas atau rutan/LPKA seluruh Indonesia, saya berpesan tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan proses kegiatan dan program pembinaan di masa yang akan datang.

Diakhir pidato tertulisnya, Yasonana H. Laoli berpesan kepada seluruh warga binaan, "saya mengajak saudara-saudara untuk senantiasa berperan aktif dalam mengikuti segala bentuk program pembinaan, mematuhi aturan hukum yang berlaku dan mematuhi tata tertib di Lapas, Rutan/LPKA sehingga dapat menjadi bekal mental positif Saat tiba waktunya nanti saudara kembali ke masyarakat," ujarnya.

Usai menyampaikan amanat Mentri Hukum dan HAM, Bupati Labuhanbatu di dampingi Kalapas kelas IIA Rantauprapat Jayanya SH, menyerahkan surat remisi dan surat lepas secara simbolis kepada tiga warga binaan Lapas kelas 2A Rantau Prapat.

Turut hadir dalam resepsi upacara tersebut, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu SIK, Dandim 0209/Lb, Letkol Inf, M. Faizal Rangkuti, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj. Meika Riyanti Siregar, SH, Kajari Labuhanbatu Furqonsyah Lubis, SH.MH, Para pimpinan OPD, Kabag, Kaban lingkungan Pemkab Labuhanbatu, Kakan Kemenag H. Asbin Pasaribu, S.Ag, MA, Labuhanbatu Ketua TP.PKK Labuhanbatu dr Maya Hasmita Erik Adtrada, dan Dharmawanita Labuhanbatu.