LANGKAT - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH mengenakan pakaian adat melayu pimpin upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan HUT RI ke-78 tahun, di Alun-alun T Amir Hamzah Stabat, Langkat, Kamis (17/8/2023). Plt Bupati Langkat mengucapkan selamat HUT RI ke 78 serta menyatakan Pemkab Langkat siap mendukung segala kebijakan pemerintah pusat dan provinsi untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.
 
Dirinya pun mengajak seluruh masyarakat Langkat untuk menjadikan hari kemerdekaan ini sebagai momentum membakar semangat meneruskan perjuangan para pahlawan. 
 
"Mari bersama kita gelorakan semangat pembangunan meneruskan perjuangan pahlawan kita, untuk kesejahteraan Langkat dan menuju Indonesia Emas 2024," cetusnya.
 
Ia juga berpesan agar masyarakat Langkat semakin menguatkan persatuan dan kesatuan guna menjaga kondusifitas keamanan jelang tahun politik di Pemilu 2024 mendatang. 
 
Usai pelaksanaan upacara, Plt Bupati Langkat didampingi Forkopimda  menyerahkan penghargaan berupa Satya Lencana Karya Satya kepada enam ASN Pemkab Langkat dan enam ASN Kantor Kemenag Langkat yang sudah bertugas selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.
 
Dijelaskan Afandin bahwa Satya Lencana Karya Satya merupakan tanda kehormatan dari Presiden RI Joko Widodo, sebagai penghargaan atas pengabdian, kesetiaan, kejujuran, kecakapan dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas sebagai pegawai negeri sipil.
 
Kemudian Plt Bupati Langkat  bersama Forkopimda Langkat, para pejabat jajaran Pemkab Langkat, serta tokoh dari berbagai elemen masyarakat Langkat menerima devile pasukan dan peserta upacara peringatan HUT RI ke-78, di panggung utama depan Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat.
 
Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun berlangsung meriah penuh hikmad di Kabupaten Langkat.
 
Pagelaran pawai drumband yang ditampilkan siswa SMA sederajat, serta mobil hias nuansa semangat kemerdekaan dari siswa TK sederajat, dan penampilan musik angklung oleh siswa SMP sederajat berbalut semangat juang semakin menyemarakkan hari kemerdekaan.
 
Pawai yang start dari depan rumah dinas Bupati Langkat di Jalan Proklamasi dan finish di depan Stabat City, Jl Zainul Arifin, Stabat ini, menjadi tontonan masyarakat Stabat sekitar. Sebagai moment liburan bersama keluarga menikmati hari kemenangan Indonesia.