TOBA - Bupati Toba Ir Poltak Sitorus mengukuhkan 20 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Parkibra) Merah Putih tingkat Kabupaten Toba untuk parayaan HUT RI ke - 78, Rabu (16/8/2023) Sejumlah 20 orang anggota Paskibra terpilih yang dilatih dan dibina personil TNI/POLRI bersal dari berbagai sekolah tingkat SMA/SMK se Kabupaten Toba.
 
Pengukuhan ini dihadiri orang tua Paskibra serta turut didampingi para Kepala sekolah asal sekolah masing masing.
 
Tampak dalam pelaksanaan upacara pengukuhan berlangsung dengan penuh khidmat dan haru yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Jalan Soetomo No 1 Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara.
 
Ke 20 orang Parkibra Merah Putih akan menjalankan tugasnya sebagai Pengibar Bendera di upacara perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI besok, Kamis, 17 Agustus 2023.
 
Bertugas sebagai pasukan penerima Bendera dari Pembina Upacara (pembawa baki) Adinda Veronika Sihombing siswi SMA Negeri 1 Balige. Untuk pendamping kiri pembawa baki, Irwan Dionesus Sitorus dari SMA Negeri 1 Habinsaran, pendamping kanan pembawa baki Boas Simanjuntak dari SMA Negeri 1 Tampahan.
 
Untuk pasukan penerima bendera sekaligus penggerek bendera Siska Amelia Silalahi siswi SMA Negeri 2 Balige, untuk pendamping sebelah kanan pengibar bendera Zefanya Hasudungan Hutagalung, siswa SMA Negeri 2 Balige, pasukan pendamping sebelah kiri Sony Valentino Rajagukguk siswa SMA Negeri 2 Balige.
 
Sedangkan untuk Danton (Komandan Pleton) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Wira Tri Arjuna Limbong siswa dari SMA Negeri 2 Balige.
 
Dalam amanah dan sambutannya Bupati Poltak Sitorus menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota Paskibra yang telah diberikan amanah kepercayaan dan kehormatan menjadi Paskibra Merah Putih di perayaan Hari Ulang Tahun RI ke-78.
 
“Anggota Paskibra dan Paskibraka di tingkat Nasional (Istana Negara) adalah para sosok pemuda-pemudi siiswa, siswi, terbaik dari berbagai asal Srkolah dan Daerah di NKRI yang dipilih secara cermat dan teliti berdasarkan berbagai ketetapan kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi masing masing Paskibra yang selanjutnya dilatih dan dibina oleh para pelatih/pembina dengan penuh kedisiplinan," ujarnya.
 
Dengan terpilihnya menjadi Paskibra, sudah sepatutnya semua harus bangga, karena untuk menjadi paskibraka tidaklah mudah, harus menjalani berbagai tahapan seleksi yang ketat. 
 
Ia juga berpesan untuk menjaga persatuan dan kekompakan tim dalam menjalankan tugas mulia ini. Tugas yang telah diembankan di pundak kalian pikul dengan jiwa patriot dan semangat nasionalisme kebangsaan. 
 
Dalam upacara pengukuhan ini dihadiri Sekda Kabupaten Toba Drs.Augus Sitorus, Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Para Kepala OPD Kabupaten Toba, Wakapolres Toba AKBP Lamin,S.Pd, Plt Kajari Tobasa Hendra Ginting,S.H, Ketua PN Balige Evelyn Napitupulu, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K Napitupulu, Kepala Kesbangpol Josib Bronztito Sianipar, Danramil 17/Balige Kapten Inf B Siboro, Kapolsek Balige Iptu Selamat Pasaribu.