PALAS - Anggota Paskibra yang  terpilihnya harus memiliki moralitas dan disiplin baik disertai kemampuan dan persyaratan ketahanan fisik yang prima, postur tubuh dan mental yang baik. Hal itu disampaikan Plt Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu saat memberikan arahan kepada Paskibra yang dikukuhkan sebanyak 32 orang untuk tingkat Kabupaten Palas tahun 2023,di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Selasa (15/8/2023).

Dikatakan, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas pada saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 diharapkan mampu menjalankan tugas dengan baik serta penuh tanggungjawab.

"Tepilihnya anak-anak kami sebagai pasukan pengibar bendera sebagai putra-putri terbaik Kabupaten Palas tentu telah dulu melewati tahapan seleksi dengan berbagai proses yang harus dilalui," terangnya.

Sebelum dikukuhkan menjadi Paskibra, lanjut Plt Bupati, berbagai rangkaian pelatihan dan pendidikan dijalan dengan baik dengan tujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas yang penting untuk pengibaran dan penurunan bendera merah putih di puncak peringatan HUT RI ke 78 di Kabupaten Palas.

Ia juga mengingatkan, suatu hal penting yang harus ditanamkan bahwa misi paskibra tidak boleh berhenti pada momentum peringatan ulang tahun ke-78 kemerdekaan republik indonesia ini saja.

Namun, lanjutnya, jiwa nasionalisme dan patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk, harus mampu dijiwai dan terus diimplementasikan dalam perilaku kehidupan sehari-hari, sehingga mampu memberi energi positif dan menjadi contoh serta tauladan bagi generasi muda.

"Jadilah sebagai generasi masa depan yang maju dan unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," ujarnya.

Selain itu,kata Plt Bupati, anggota paskibra harus memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet, tegar, dan pantang menyerah, untuk berjuang demi kemajuan bangsa dan negara serta tercapainya visi dalam mewujudkan Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya).

"Embanlah amanah dan kepercayaan yang telah diberikan masyarakat dan pemerintah dengan penuh rasa tanggung jawab," tutupnya.