SIBOLGA - Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Musannif Nurul Iman di Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan Jamil Zebtumori mewakili para jemaah mengucapkan rasa syukur karena masjid yang diidam-idamkan akhirnya telah selesai dan diresmikan.

“Dulu masjid ini adalah surau, surau kemudian bergeser jadi masjid kecil yang diberinama Nurul Iman dan kemudian Allah menunjuk seorang pemimpin untuk datang ke Aek Manis ini, Wakil Gubernur Sumatera Utara yang juga Ketua Yayasan Haji Anif Musa Rajekshah yang kemudian dimulailah  perluasan dan pembangunan masjid ini,” ujar Jamil saat Peresmian Masjid Al-Misannif Nurul Iman, Sabtu (12/8/2023).

Pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Sibolga ini mengatakan, saat mendapat kabar perluasan dan pembangunan lahan masjid oleh Yayasan Haji Anif (YHA), BKM Masjid Nurul Iman dan para jemaah menyambut bahagia. “Bapak Musa Rajekshah menyampaikan kepada saya sebagai ketua pembangunan, kemudian kami diskusikan bersama jemaah dan BKM, dan semua menyambut sangat baik. Insya Allah, masjid ini akan menambah semangat umat di Aek Manis ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menyampaikan ucapan yang sama kepada BKM dan Jemaah Masjid Nurul Iman yang telah menyambut baik program 99 Masjid YHA. “Kepada BKM Masjid Nurul Iman Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas nama keluarga dan Yayasan Haji Anif, karena diberi kesempatan kami hadir di sini dalam rangka program Yayasan Haji Anif membangun 99 Masjid,” katanya.

Masjid ini, kata Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah menjadi masjid yang ke-33 dari program pembangunan 99 Masjid YHA amanah dari almarhum orangtuanya Haji Anif. “Alhamdulilah, ini masjid ke-33 yang telah kami resmikan dan serahkan ke BKM. Saat ini sedang membangun 23 masjid lagi, Insya Allah, semoga bisa selesai tidak terlalu lama,” ujar Ijeck sembari mengisahkan pembangunan Masjid Al-Musannif Nurul Iman ini dari awal pertemunnya dengan Jamil Zebtumori dan disetujui Almarhum Haji Anif.

Ia pun berharap BKM bisa menjaga kebersihan dan lebih kreatif menghadirkan berbagai kegiatan untuk menarik jamaah ke masjid. “Mudah-mudahan ke depan masjid ini bisa dimakmurkan seluruh masyarakat, diisi dengan berbagai kegiatan. Insya Allah, dari masjid ini lahir anak-anak kita yang tidak hanya mampu secara ilmu pengetahuan tapi juga ilmu agama, belajar membaca dan memahami isi Alquran serta memahami juga apa yang terkandung di dalam Alquran,” katanya.

Ia pun meminta doa agar Ia dan keluarga dapat menyelesaikan target pembangunan 99 masjid ini. "Mohon doakan agar kiranya kami bisa terus menyelesaikan amanah membangun 99 Masjid ini,” katanya.

Sebelum meresmikan Masjid Al-Musannif Nurul Iman, di tempat yang sama, Ijeck sebagai Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut juga melantik Pengurus IPHI Kota Sibolga Periode 2022-2027 yang diketuai oleh Basril Tanjung.

Hadir dalam acara Guru Besar Pendidikan Islam UINSU Haidar Putra Daulay, Asisten Administrasi Pembangunan dan UMKM Sibolga Hendra Darmalius, Ketua MUI Sibolga Ustaz Jainun Sinaga, Ketua BKM Masjid Al-Musannif Nurul Iman Khairul Amin Sitompul beserta seluruh jemaah.*