TOBA - Basarnas Danau Toba bersama Potensi SAR dari Siantar, SMA Kartika, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3 dan MPLAS AMIK Tuntas Bangsa) didukung Aquafarm, ASDP, PT.Gunung Hijau Megah, pemerintah desa setempat, masyarakat Desa Pardamean dan Kelurahan Parsaoran bergotong royong membersihkan di jalan raya hingga tepian Danau Toba Ajibata dan Dermaga Ajibata Jumat, (11/8/2023). Kegiatan ini melibatkan 170 orang yang dibagi dalam 3 tim. Tim pertama membersihkan bagian atas gapura atau perbatasan hingga ke simpang empat. Tim kedua bergotongroyong di Dermaga Ajibata dan yang terakhir membersihkan jalan raya hingga tepi Danau Toba Long Beach di Kelurahan Parsaoran. 
 
Koordinator Pos SAR Danau Toba, Hisar Turnip menyebutkan kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Dengan memberaihkan lingkungan bersih Danau Toba agar terbebas dari sampah, aman, nyaman dan asri. 
 
Untuk keberlanjutan pembersihan eceng gondok dari kawasan perairan Danau Toba Ajibata hingga berbagai jenis sampah di daratan lanjutnya, diharapkan kesadaran dan kerja sama dengan seluruh masyarakat.
 
Dikesempatan gotong royong aksi bersih besih Danau Toba dan lingkungan pelabuhan Danau Toba Ajibata ini telah disepakati bersama kerja sama gotong royong ini akan terus berlanjut secara berkala.
 
Terpisah Camat Ajibata Robert Manurung,S.H menyampaikan, pemerintah Kecamatan Ajibata mengapresiasi kepedulian dan dukungan mahasiswa dan siswa dan jug perusahaan yang melakukan aksi gotongroyong membersihkan tepian Danau Toba dan kawasan Dermaga Ajibata. 
 
Ia berharap aksi gotongroyong ini menjadi contoh pendorong serta perangsang dalam membuka pintu kesadaran dan kepedulian warga lainnya betapa pentingnya kebersihan lingkungan itu.
 
Pihakbya juga mengimbau warga untuk tetap menjaga kebersihan di lingkungan masing - masing. Sebagaimana diketahui Danau Toba adalah salah satu wilayah kawasan pariwisata yang selalu di kunjungi wisatawan domestik hingga mancanegara untuk menikmati pesona keindahan alamnya. 
 
"Sadar Wisata adalah sadar akan kebersihan supaya orang atau wisatawan betah dan senang serta akan terangsang kembali datang untuk berwisata," ujarnya.