MADINA - Kibar Barus terpilih sebagai Ketua Mrrga Silima Kabupaten Mandailing Natal (MADINA) Priode 2023-2025. Organisasi ini merupakan perkumpulan Kalak Karo yang ada di Kabupaten Madina. Diketahui Merga Silima yang berada di Kabupaten Madina ini beranggotakan sebanyak 115 orang.
 
Kibar Barus mengatakan, dengan terbentuknya Merga Silima di Kabupaten Madina. Barus berharap mampu mempererat tali silahtuhrahmi marga silima dan masyarakat suku karo yang ada di Kabupaten Madina.
 
"Adanya marga silima ini merupakan wadah atau rumah bagi suku karo. Maka dari itu kita berharap kepada masyarakat karo yang ada di Mandailing Natal bersatu guna memajukan masyarajat. Dengan adanya wadah ini maka terobatilah hati kami yang rindu di perantauan ini, " katanya.
 
Selanjutnya Kibar menyampaikan dengan terbentuknya wadah ini bertujuan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai budaya adat Karo dan meningkatkan sosial.
 
"Diharapkan juga dengan terbentuknya perkumpulan ini dapat menjadi Silaturrahmi antara Merga Silima yang tersebar di Kabupaten Mandailing Natal kedepannya dengan baik dan kedepannya program program yang sudah direncakan dapat terlaksana dengan baik," imbunya.
 
Sebelumnya kegiatan pembubaran Dan pembentukan pengurus Kalak Karo Madina (KKM) Merga Silima untuk priode 2023-2025 tersebut dilaksanakan di kawasan Lintas Timur Panyabungan, Kecamatan Panyabungan, Sabtu (12/8/2023).
 
Sementara untuk pengurus baru yang terbentuk antara lain Ketua Merga Silima Priode 2023-2025, Kibar Barus, Wakil Ketua Abdi Sandro Surbakti, Penasehat Nurhayati Br, Sembiring, Sejahtra Ginting, Sekretaris Joy Bangun, A.Br Purba, Bendahara Leni Br Ginting, Christy Br Sinulingga, Humas Budiman Ginting dan Ayang Br Sitepu.