TAPSEL - Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 TA 2023 di wilayah Kodim 0212/TS resmi ditutup dan upacara penutupan dilaksanakan di Lapangan SMA Negeri 1, Kelurahan Sitinjak, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan Tapsel, Kamis (10/8/2023). Danrem 023/Kawal Samudera (KS) Kolonel Inf Lukman Hakim yang secara resmi menutup kegiatan TMMD ke-117 TA 2023 dengan di tandai penandatanganan berita acara.

Danrem 023/KS Kolonel Inf Lukman Hakim dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapsel Dolly Pasaribu beserta seluruh jajaran Forkopimda yang telah membantu sehingga pelaksanaan kegiatan TMMD Ke-117 berjalan baik sesuai di harapkan.

"Termasuk pihak terkait lainnya seperti unsur Polri, Satpol PP yang bahu membahu turut langsung membantu TNI AD dalam kegiatan bertujuan mempercepat pembangunan sekaligus upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat ini, di ucapkan terima kasih," tambah Danrem 023/KS.

Dikatakan Danrem 023/KS, TMMD merupakan program TNI yang berjalan secara tahunan. Selain TMMD, banyak program lain yang diselenggarakan oleh TNI dan dapat menggalang kerja sama pemerintah dalam hal pembangunan daerah yang merata.

Lebih lanjut, Danrem 023/KS mengungkapkan pihak TNI menyadari bahwa setiap pemerintah daerah memiliki program pembangunan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pihaknya siap bekerja sama dengan pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut.

Sementara, Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, mengucapkan terima kasih kepada TNI AD yang telah mendedikasikan diri sepenuh hati melalui program TMMD ke-117 Tahun 2023 membangun infrastruktur dan sangat bermanfaat bagi masyarakat umum.

"Atas nama masyarakat dan Pemkab Tapsel, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi, karena pengabdian TNI AD melalui program TMMD memberikan manfaat bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya di Angkola Barat," kata Bupati Dolly Pasaribu.

Dikatakan Bupati Dolly Pasaribu, akan melanjutkan program yang sama secara bertahap dan berkesinambungan. Karena, sudah sangat membantu program pembangunan pemerintah untuk mewujudkan masyarakat Tapsel lebih sejahtera.

Sebelumnya, Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 0212/TS yang juga Dandim 0212/TS Lektol Inf Amrizal Nasution pada laporannya menyebutkan, seluruh sasaran program fisik yang meliputi kegiatan pembangunan dan pembukaan badan jalan ukuran 8.200 meter x 8 meter, penggalian parit tanah pinggiran badan jalan sepanjang 8.200 meter x 80 cm x 1 meter, perkerasan badan jalan (Telford) dan pembangunan jembatan berukuran 6 x 5,50 m (8 unit) telah terlaksana sepenuhnya.

Begitu juga, dikatakan Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 0212/TS, dengan sasaran program non-fisik yang meliputi beberapa penyuluhan dan sosialisasi di lokasi TMMD TMMD ke-117 Kodim 0212/TS telah juga terlaksana sepenuhnya.

Acara penutupan yang mengambil tema, 'Sinergi Lintas Sektoral, Mewujudksn KemanunggalanTNI - Rakyat Semakin Kuat', turut dihadiri Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan, SH, SIK, MH, Sekdakab Tapsel Sofyan Adil, Wakil Ketua DPRD Padangsidimpuan Rusydi Nasution.

Selain itu hadir juga mewakili Bupati Mandailing Natal, mewakili Bupati Padang Lawas Utara, para Danramil se jajaran Kodim 0212/Tamsel, Dansub Denpom I/2-3 Padangsidimpuan, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapsel, Kepala Desa Sitaratoit, Lurah Sitinjak, Perwakilan PT.AR, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.***