Toba - Untuk menyemarakkan HUT RI ke-78 tahun 2023 Pemerintah Kecamatan Laguboti bersama Forkopimca melalui Panitia HUT RI Ke 78 Kecamatan Laguboti menggelar berbagai kegiatan Lomba. Camat Laguboti Aprillia Nessy Tampubolon menyebutkan, untuk menyambut dan memeriahkan HUT RI Ke - 78 pada 17 Agustus 2023 yang tidak berapa hari lagi akan tiba, berbagai kegiatan lomba kita gelar bersama dengan Forkopimca Laguboti Kabupaten Toba yang dimulai hari ini Kamis, (10/08/2023).

Untuk kegiatan Lomba yang digelar hari ini adalah Lomba Gerak Jalan Kreatif di ikuti para siswa/i dari 4 sekolah SMP dan 17 sekolah SD se Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Prop.Sumut.

Tujuan daripada lomba digelar untuk mempererat hubungan persaudaraan antara seluruh siswa/i baik tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) SE Kecamatan Laguboti demikian juga untuk seluruh warga masyarakat Kecamatan Laguboti.

Melalui kegiatan lomba yang di ikuti oleh semua peserta Lomba baik Pelajar dan kaum ibu serta Lansia juga bertujuan menumbuh kembangkan semangat Nasionalisme kebangsaan secara khusus bagi kaum pelajar muda.sebutnya.

Lanjutnya, Setelah kegiatan hari ini akan dilanjutkan dengan kegiatan lomba Senam Lansia antar Desa, Lomba Memasak makanan khas suku Batak yang diperlombakan antar Ibu ibu PKK tingkat Desa berikut Lomba desa terbersih dan Rapi se Kecamatan Laguboti.

Untuk kegiatan Lomba Seni tari dan Hiburan lainnya akan di tampilkan oleh para pelajar siswa/i SD, SMP nantinya tepat di perayaan HUT RI ke - 78 pada 17 Agustus 2023 nanti dan para pemenangnya nanti di umumkan di perayaan HUT Kemerdekaan RI tersebut.

Harapan kita di perayaan HUT RI Ke - 78 tahun 2023 ini pasca kita +_ 2 tahun didera paparan Wabah Pandemi Covid-19, Indonesia semakin maju, kuat dan jaya serta semangat nasionalisme kebangsaan bagi tiap tiap warga Negara khususnya kaum pelajar semakin bertumbuh dan kokoh demi persatuan dan kesatuan NKRI.

Di perayaan HUT RI Ke - 78 ini kedepan Indonesia makin pulih dan makin kuat serta semakin maju "Majulah Indonesiaku, Jayalah Negeriku Bhaktiku adalah perjuanganku".tandasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu menyampaikan, melalui lomba yang digelar oleh Forkopimca Laguboti menyambut perayaan HUT RI Ke - 78 tahun 2023. para pelajar se Kecamatan Laguboti akan semakin menjalin dan mempererat hunga persaudaraan semangat kekeluargaan antara sesama dalam berbagai perbedaan.

Melalui semangat Kemerdekaan RI Ke - 78 ini akan tercipta semangat nasionalisme kebangsaan yang tinggi dan kokoh bagi warga Kecamatan Laguboti secara khusus bagi kaum pelajar.sebutnya

HUT RI tahun ini, kita harapkan para pelajar muda bangsa Indonesia khususnya di Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba merenungkan dengan baik bagaimana besarnya perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa ini dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Indonesia yang kita nikmati dengan bebasnya diera sekarang dengan era tehnologi makin canggih.

Apa yang kita lakukan saat ini tidaklah sebanding dengan apa yang telah dilakukan para pendahulu kita khususnya para pejuang bangsa ini dalam membela Negara kita dari belenggu penjajahan.saat ini kita hanya diminta untuk menghargai dan menghormatinya serta menjaga dan mempertahankannya dari berbagai ancaman dan rongrongan yang mengancam dan akan merusak kedamaian di negeri kita tercinta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Untuk itu kepada kaum muda pelajar tanamkan di dalam diri dan sanubari masing masing," tandasnya.