TOBA - Kontingen Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Toba dilepas Bupati Toba Poltak Sitorus untuk mengikuti Raimuna Nasional ke XI Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, Kamis, (10/8/2023). Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Toba, AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K diwakili, Drs.Audhy Murphy Sitorus,S.H,M.Si dalam laporannya menyampaikan pemberangkatan rombongan ini untuk mengikuti Raimuna Nasional XII di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur yang digelar  14 hingga 21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Toba sebutnya mengirimkan 32 orang peserta didik sesuai kuota terdiri dari 16 Putra dan 16 Putri. Para peserta ini berasal dari berbagai SMK dan SMK.

Dengan rincian SMAN 1 Balige (1), SMAN 2 Balige (7), SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige (1), SMK N3 Balige (1), SMAN 1 Laguboti (6), SMA Unggul Del (1), SMAN 1 Siantar Narumonda (3), SMAN 1 Silaen (3), SMAN1 Uluan (6), SMAN 1 Parmaksian (1) dan SMAN 1 Pintu Pohan Meranti (2). Serta didampingi 4 Pembina dari Kwartir Cabang Toba serta 3 staf kontingen dari Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Toba. 

Rombongan ini diberangkatkan Ketua Dewan Majelis Pembina Gugus Depan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Toba yang juga
Bupati Toba, Poltak Sitorus menggunakan mengunakan bus pariwisata.

Poltak Sitorus dalam sambutannya, menyampaikan, rasa syukur karena bisa memberangkatan kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Toba menuju arena Raimuna Nasional Ke XI di Cibubur Jakarta Timur tahun 2023. 

Disebutkannya, Raimuna merupakan pertemuan besar bagi Pramuka Penegak-Pendega yang rekreatif dan edukatif, dilaksanakan di alam terbuka dalam bentuk Perkemahan. 

Kegiatan tersebut, diikuti peserta dari berbagai daerah di Tanah Air. Karenanya para peserta diingatkan untuk menjalin komunikasi dan saling kenal, bertukar budaya guna menambah wawasan kebangsaan.

Ia juga berpesan agar, peserta mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan serius dan sungguh - sungguh, agar nantinya agar ilmu yang diperoleh bisa dikembangkan dan ditularkan kepada teman - temannya di sekolah.

"Jaga dan pelihara kekompakan dikontingen, saling bahu membahu dan bekerja sama, utamakan kebersamaan dan ingat kesehatan adalah prioritas utama. Tetap mawas diri, disiplin dalam setiap kegiatan, patuhi perintah dan nasehat para Pembina pendamping," pesan Poltak kepada seluruh peserta.

Ia juga menegaskan agar pembina dan pendamping proaktif menjaga dan membimbing para peserta.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu, Supriyadi,S.Pd dan Risma Napitulu Bina Muda Pramuka Kwarcab Toba Samosir, perwakilan Kacabdis SMA/SMK Wilayah VIII Balige, Aprianto Kasi SMA dan Samron Simanjuntak Kasi SMK.