ASAHAN - Kontingen Gerakan Pramuka Kwarcab Asahan, untuk mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) ke XII Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur. Oleh karena itu, Bupati Asahan melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Buwona Prawana melepas para peserta Rainas di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (9/8/2023).
 
Adapun peserta yang berangkat sebanyak 46 orang terdiri dari 32 orang peserta, 4 orang pimpinan kontingen, 2 orang pendamping dan 10 orang unsur kontingen.
 
Agus Ramanda selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Asahan pada laporannya mengatakan, Rainas ke XII Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 13-21 Agustus 2023. 
 
"Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 12 Kwartir Ranting yakni, Aek Songsongan, Air Batu, Air Joman, Buntu Pane, Bandar Pasir Mandoge, Kisaran Barat, Kisaran Timur, Meranti, Pulau Bandring, Rawang Panca Arga, Sei Kepayang dan Tinggi Raja," terangnya.
 
Di tempat yang sama Bupati Asahan melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua/Ketua Komisi Bidang Humas Gerakan Pramuka Kwarcab Asahan, Buwono Pramana mengatakan, Raimuna merupakan pertemuan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. 
 
Menurutnya, kata Raimuna merupakan bahasa Ambai dari daerah Yapen Waropen, Papua. 
 
"Rai artinya sekumpulan orang dengan tujuan tertentu dan muna yang berarti kekuatan yang bernilai baik dalam mencapai kesuksesan, menjadi pegangan kuat dalam setiap penyelenggaraan Raimuna di segala tingkatan untuk dapat menjadi wadah yang tepat dalam segi pengembangan diri, peningkatan kualitas dan pendorong kemajuan generasi muda," jelasnya.
 
Sambungnya, Rainas telah menjadi ajang bagi anggota Pramuka untuk mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan.
 
"Ditingkat Nasional, Rainas menjadi ajang bagi para anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan dengan segala sarana dan kesempatan yang didapatkan. Selain itu kita juga mendapatkan pengalaman yang bernilai untuk pengembangan diri sehingga memiliki bekal yang kuat untuk mencapai kesuksesan," ujarnya. 
 
Buwono berpesan kepada peserta Rainas ke XII Tahun 2023, agar rangkaian kegiatan Raimuna Nasional dijadikan sebagai sarana belajar, berkarya dan membangun semangat persatuan, persahabatan dan kebersamaan bagi sesama anak bangsa.
 
"Ikuti seluruh kegiatan di Raimuna Nasional, serap pengalaman, pengetahuan dan keterampilan seluas - luasnya. Selain itu, tanamkan kebanggaan kalian sebagai anak pramuka, giat lah belajar dengan tekun dan rajin, taat beribadah, hormati orang tua dan guru - guru kalian. Untuk seluruh unsur Kontingen khususnya para Pimpinan Kontingen, Pembina Pendamping kiranya dapat mendampingi, mengawasi memfasilitasi kebutuhan adik-adik dengan penuh tanggung jawab," pungkasnya.
 
Kegiatan diakhiri dengan penyerahan Bendera Kontingen dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat kepada Pimpinan Kontingen.