PALAS - Management  PT Sumatera Slyva Lestari (SSL) Kabupaten Padanglawas (Palas) memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) ke dua kelompok tani untuk peningkatan hasil produktivitas pertanian. Bantuan yang disalurkan berupa alat dan mesin pertanian kedua kelompok tani yang berada di sekitar wilayah  operasional perusahaan. 
 
Alsintan yang disalurkan berupa dua unit mesin bajak mekanis. Bantuan diberikan langsung kepada kelompok tani.
 
Humas Perusahaan PT SSL, Mompang Harahap, Rabu (9/8/2023) mengatakan, bantuan alsintan diberikan kepada dua kelompok tani untuk Desa Gunung Manaon dan Desa Tar Sihoda hoda. 
 
"Bantuan alsintan ditujukan untuk optimalisasi mekanisasi pertanian dalam meningkatkan hasil priduktivitas pertanian bagi petani," terangnya.
 
Ia berharap, bantuan tersebut diharapkan mampu mendukung usaha pertanian yang produktif maupun di bidang jasa yang  dikelola kelompok tani.
 
Ketua Kelompok Tani Napa Ela Dua, Desa Tar Sihoda Hoda, Kecamatan Huristak Kabupaten Palas, Saruddin Siregar mengatakan, kelompok tani yang  dipimpin memiliki 10 anggota yang semuanya mengelola lahan pertanian. 
 
"Selama  ini anggota kelompok tani  sudah memiliki mesin bajak mekanis namun kondisinya kurang optimal sehingga dibutuhkan tambahan alat baru untuk mengejar produktivitas pertanian padi di wilayahnya,"ungkap Saruddin.
 
Ia menambahkan, alat bajak  digunakan untuk membajak lahan sawah seluruh anggotanya.
 
Selain itu, lanjutnya,alat bajak sawah ini juga dikelola dengan baik serta  disewakan dengan tarif untuk menambah pengelolaan keuangan dan penghasilan  kelompk tani dengan ketentuan yang jelas dari pada anggota menganggur tidak ada kegiatan.
 
Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Penantian I, Desa Gunung Manaon, Amaran Siregar mengatakan, sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan perusahaan kepada anggota kelompok tani.
 
"Mayoritas anggota kelompok tani kami berladang dan menanam padi di sawah.Dengan aadnya bantuan alat bajak ini tentu sangat membantu petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian," timpalnya.