TOBA - Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2023, Yayasan Cahaya Bersama Rakyat (CBR) Kabupaten Toba beraudensi dengan Bupati Toba, Poltak Sitorus, Balige, Senin (7/8/2023) di ruang kerjanya. Kehadiran pengurus Yayasan Cahaya Bersama Rakyat (CBR) Kabupaten Toba dengan Ketua, Rosita Hutapea ini untuk menyampaikan permohonan dukungan kepada pemerintah pada peringatan hari Disabilitas Internasional yang akan digelar Desember mendatang.
 
Berdasarkan penyampaian pengurus yayasan memberitahukan, pihaknya selama ini aktif mendampingi para difabel dalam berbagai kegiatannya. Selain itu mereka juga menyampaikan sejumlah keluhan warga terkait status penjaga pintu air, pengurusan Kartu Indonesia Sehat (KIS)  dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).
 
Menanggapi permohonan tersebut, Poltak Sitorus langsung memberikan perintah kepada perangkat terkait untuk segera mencari tahu apa yang diperlukan dan sesegera mungkin menyelesaikan persoalan.
 
Turut serta menerima audiensi tersebut, Kadis Sosial Drs.Lalo HbSimanjuntK, Plt Kadis PUPR Sopyan Sitorus, Kadis Koperindagkop Salomo Simanjuntak,Kepala BKPSDM, dan Kadis Lindup dr Rajaipan Sinurat dan Kepala BKPSDM Dicki Tampubolon.
 
Dikesempatan tersebut Poltak Sitorus meminta Dinas Sosial melakukan pendampingan bagi warga untuk membantu warga agar masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai syarat mengurus KIS dan KIP.
 
Untuk Dinas PUTR dan BKPSDM supaya melihat lebih intens serta membuat telaah peraturan tentang status penjaga pintu air, karena saat ini mereka ada bekerja dengan status sumber dana desa. 
 
Soal dukungan untuk kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari Yayasan CBR, pihak Dinas Koperindag mengatakan Dirjen Industri Kecil Menengah Aneka (IKMA) Kemenperin RI sejak April 2023 telah mengalokasikan bantuan dalam hal peningkatan keterampilan menjahit  kepada Yayasan CBR.