LANGKAT - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) memang masih beberapa bulan lagi. Namun, calon bupati Langkat sudah menjadi pembicaraan hangat di masyarakat. Diskusi-diskusi diselenggarakan di banyak forum. Sejumlah pemuka masyarakat saat berdiskusi, tentang calon pemimpin masadepan Langkat, di antaranya Enissafrin Adlin SH pemuka masyarakat Langkat, kepada wartawan Senin (7/8/2023) di Stabat Langkat.


Anes menilai, Balon Bupati Langkat yang saat ini santer diperbincangkan di antaranya, Syah Afandin SH, dikenal dengan sapaan Ondim.


Ondim , dinilai akan kembali maju mencalonkan diri dalam pemilihan Bupati periode 2024 – 2029, sebelumnya pada periode 2019-2023.

Ondim menjadi wakil Bupati, berpasangan dengan Terbit Rencana Parangin Angin, yang terjerat dugaan korupsi, dan hingga saat ini masih menjadi tahanan KPK.

Bakal calon berikutnya adalah Tiorita Surbakti, sosok kader Golkar yang patut diperhitungkan , saat ini menjadi ketua Partai Golkar, direkomendasikan menjadi calon Bupati Langkat 2024-2029.

Tiorita dinilai akan diusung Partai Golkar, sesuai keputusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumatera Utara Partai Golkar Musa Rajekshah saat membuka Rapat pimpipinan daerah DPD Partai Golkar Kabupaten Langkat yang pertama. Bertempat di Jambur Jelita Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Selasa , 23 Mei 2023 kemaren.

Rapim tersebut bertemakan ” Jemput semangat raih kemenangan Pilpres, Pileg, Pilgub dan Pilbub ” Golkar menang rakyat sejahtera urai Anes.

Rapim pertama Partai Golkar tersebut disamping membuat program kerja dalam menghadapi pemilu dan pilkada 2024, terdiri dari tiga wilayah yakni Langkat Hulu,Langkat Hilir dan Teluk Aru, juga telah merekomendasikan ketua DPD Partai Golkar Langkat Tiorita Br Surbakti menjadi calon Bupati Langkat 2024 – 2029.

Ketua DPD partai Golkar Kabupaten Langkat Tiorita Br Surbakti, pada Rapim pertama itu menyatakan siap menerima rekomendasi tersebut.

Sosok balon Bupati Langkat, yang juga digadang-gadang bakal calon bupati Langkat, dan sosok milenial, didukung kaum muda, Rizky Yunanda Sitepu, S.TP., M.P.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Binjai periode 2021—2024, menjabat sebagai Wakil Wali Kota Binjai, ia juga sempat menjabat sebagai anggota DPRD Sumut dari Partai Golkar yang terpilih dalam Pemilihan Legislatif Tahun 2019.

Calon lain didukung tokoh masyarakat Langkat adalah H. Rudi Hartono Bangun, S.E.MAP juga diminta banyak warga masyarakat maju menjadi calon Bupati Langkat.

Rudi Hartono dinilai sosok kharismatik, yang saat ini terpilih dan duduk menjadi DPR RI dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) diminta masyarakat banyak maju mencalonkan bupati untuk memajukan kabupaten Langkat.

Ia juga dipandang mampu merangkul semua komunitas warga yang ada di Langkat.

Tokoh lainnya yang didukung masyarakat adalah Drs.Sujarno MM, tokoh kharismatik Muhamadiyah, yang digandrungi dan diharapkan mampu memajukan Langkat, kota bertuah dan bermartabat.

Diharapkan, tokoh terkenal Sujarno, diharapkan mampu membawa kabupaten Langkat maju dan berjaya, serta bisa mempertahankan Langkat yang islami, bermartabat.

Sosok tegas dan bersih ini sudah berpengalaman dan pernah menjadi birokrasi Kadis p dan p.Kepala, Bapeda Staf Ahli, Plt.Kadis PUPR dan Plt.Kadis Perkim, aktif di organisasi Puja kesuma dan memimpin organisasi Muhamadiyah kabupaten Langkat.

Enissafrin Adlin, meyakini, jika Jarno kemudian dipasangkan jadi wakilnya Rizky Yunanda Sitepu, S.TP., M.P akan di dukung mayoritas warga masyarakat Langkat.

”Jika kemudian partai mengusung pasangan Rizky Yunanda Sitepu, S.TP., M.P sebagai calon Bupati dan Sujarno menjadi wakil bupati, haqul yakin Langkat akan menjadi Kabupaten Maju yang islami,” katanya.