TAPSEL - Secara sederhana survival adalah seni bertahan hidup. Selain ketahanan fisik dan pengetahuan, mental yang stabil juga sangat diperlukan. "Oleh karena itu, perlu bagi kita membekali diri mengetahui cara-cara bertahan hidup di alam bebas saat berhadapan dengan situasi yang mengaruskan kita untuk survive," sebut Anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-117 Kodim 0212/TS, Sertu Abadi M Hasibuan, pada saat memberikan materi pembelajaran extrakurikuler berupa pelajaran Survival, di SMA Negeri 1 Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sabtu (5/8/2023).

Dihadapan para siswa, Sertu Abadi M Hasibuan, memaparkan cara-cara membekali diri dengan kemampuan mempergunakan segala kemungkinan dari alam dan menggunakan sepenuhnya.

Selanjutnya, Sertu Abadi M Hasibuan juga, memaparkan cara menarik perhatian para tim SAR serta kemampuan melintasi daerah yang tidak dikenali agar bisa mencapai daerah yang berpenduduk jika seandainya tidak ada harapan untuk mendapatkan penyelamatan.

Usai memberikan materi pembelajaran extrakurikuler, Sertu Abadi M Hasibuan, kepada awak media Gosumut.com, mengatakan sudah mepelajari tentang Survival.

"Dulu kami di ajari tentang Survival. Dan Survival adalah salah satu kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh anggota TNI," ujarnya

"Jika dalam keadaan terdesak dan terbatas, kita harus bisa memanfaatkan apa yang ada di sekeliling kita untuk di jadikan penyambung hidup," tambahnya.***