PALAS - Komite Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Plus Keterampilan dan Riset Padanglawas (Palas) ikut berperan aktif mendukung pendidikan madrasah. Upaya mendukung sarana pendidikan, pihak Komite membantu  pembangunan ruang kelas baru untuk menampung fasilitas ruang belajar siswa.
 
Ketua Komite MAN 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset, H. Imron Saleh Siregar, Jumat (4/8/2023) mengatakan, pembangunan ruang kelas baru itu bersumber dari sumbangan para orangtua siswa kelas X tahun pelajaran 2023/2024.
 
Dikatakan,hal itu sesuai dengan hasil musyawarah para orangtua siswa atau wali murid, menyusul bertambahnya jumlah peserta didik  baru yang masuk dari tahun sebelumnya. Akibatnya  kekurangan ruang belajar.
 
Sebelumnya siswa kelas XII yang tamat sebanyak 282 orang, sedang murid baru yang masuk mencapai 350 orang, sehingga untuk menampung lokal belajar terpaksa sementara menggunakan ruang asrama putri.
 
Kata Imron, hal inilah yang membuat pengurus komite madrasah bersama para orangtua siswa kelas X bersama para dermawan yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan madrasah untuk berpartisipasi membangun satu lokal ruang kelas baru.
 
"Dana yang terkumpul, untuk memotivasi para dermawan langsung dilaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan ruang kelas baru dari partisipasi komite madrasah dan para orangtua siswa,"katanya, Sabtu (5/8/2023).
 
Salah satu orangtua siswa, Lumayan Hasibuan, warga Desa Hapung, mendukung upaya pengurus komite untuk kenyamanan anak-anak dalam belajar di madrasah tersebut.
 
"Kami sangat mengapresiasi upaya komite madrasah dalam mewujudkan pembagunan sarana pendidikan untuk memberikan kenyamanan bagi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar," ungkap Hasibuan.
 
Sementara Kepala MAN 1 Padanglawas Plus Keteranpikan dan Riset, Hj. Mahnidar Nasution,S.Ag  menyampaikan, terimakasih atas perhatian dan kepedulian pengurus komite bersama para orangtua siswa atas dukungan dan partisipasi dalam membangun penambahan ruang belajar.
 
“Perhatian dan kepedulian serta partisipasi yang diberikan para orangtua siswa dan  pengurus komite maupun para dermawan yang peduli terhadap pendidikan akan menjadi amal jariyah,” katanya.
 
Ia juga berharap, dukungan para orangtua siswa untuk terus mendukung program madrasah dalam mewujudkan generasi emas yang berakhlak mulia sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang berguna bagi nusa dan bangsa.