PALAS - Menjelang Musyawarah Daerah (Musda) ke IV, DPD KNPI Padanglawas (Palas) membuka secara resmi pendaftaran bakal calon ketua untuk periode 2023-2026 di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

Musda DPD KNPI Palas yang di rencanakan digelar, Minggu(6/8/2023) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan akan dihadiri Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht,MM, M.Si,MH dan Ketua DPD Provinsi Sumut, Bung Samsir Pohan.

Ketua Steering Komite, Amir Husin Daulay mengatakan, pendaftaran calon ketua DPD KNPI Palas berdasarkan hasil rapat pimpinan daerah KNPI Palas, 02 februari 2023 lalu.

"Jadwal dan penerimaan berkas pendaftaran dibuka secara resmi, Sabtu (5/8/2023) sampai pukul 00.00 WIB bertempat di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan. Bagi seluruh kader organisasi kepemudaan dan siapa saja yang ingin mendaftar silahkan menghubungi nomor 0812-6080-0772,” katanya, Sabtu (5/8/2023).

"Bakal calon ketua harus memenuhi persyaratan sebagaimana tertuang dalam AD/ART KNPI," tegas Amir Husin.

Persyaratan yang harus dipenuhui kandidat bakal calon ketua antara lain, pernah menjadi Ketua OKP tingkat Kabupaten/kota, ketua Kecamatan atau pengurus DPD KNPI dan paling penting bakal calon ketua harus mendapatkan dukungan 20% suara peserta.

Kemudian, bagi bakal calon ketua juga harus memiliki prestasi, dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap organisasi, menerima deklarasi pemuda, pemufakatan pemuda indonesia, AD/ART dan program kerja kabupaten/kota.

Selain itu,lanjut Amir Husin, mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pengurus Kabupaten/Kota, pengurus Kecamatan, atau OKP yang berhimpun di KNPI. Daftar riwayat hidup bakal calon ketua paling maksimal berusia tidak lebih 40 tahun, hal itu dibuktikan dengan KTP. Tidak pernah melawan hukum dan berakhlak mulia.

Di tempat terpisah, Ketua DPD KNPI Kabupaten Palas, Irham Habibi Harahap M.Pd, berharap, agenda musda dapat berjalan dengan baik serta sukses sesuai harapan bersama.

“Saya berharap, Musda menghasilkan pemimpin yang berkualitas sebagai bentuk regenerasi untuk kemajuan induk organisasi pemuda di Kabupaten Palas," harapnya.

Ditambahkan, apalagi KNPI adalah induk organisasi pemuda yang untuk mencetak kader-kader pemuda yang memiliki integritas dan kapabilitas serta loyalitas untuk menjadi cikal bakal pemimpin masa depan.

"Melalui Musda ke IV ini diharapkan memberikan perubahaan dan warna untuk mendorong peran serta pemuda dalam pembangunan yang dipimpin seorang yang memiliki kualitas untuk kemajuan organisasi dan pembangunan daerah," harapnya.

Ia juga berpesan, mari kita bangun gerakan pemuda yang memiliki intlektual untuk berkontribusi dalam berbagai aspek yang memberikan manfaat bagi kemajuan daerah dan pemuda.