MEDAN - Kader Partai Politik (Parpol) lolos 10 besar calon anggota KPU Kabupaten Samosir Periode 2023-2028. Nama kader Parpol tersebut lolos 10 besar calon KPU Samosir lewat pengumuman Tim Seleksi (Timsel) Nomor 018/TIMSELKK-GEL.6-Pu/04/12-3/2023.

Sedangkan kader parpol yang diloloskan oleh Timsel tersebut ialah Tumpal BT Siregar.

Berdasarkan penelusuran, selain kader Parpol, Tumpal BT Siregar juga terdaftar sebagai Tim Sukses pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir pada Pilkada Tahun 2020 silam.

Dalam Surat Keputusan (SK) Parpol Nomor : 11-0357/Kpts/DPP-GERINDRA/2021 tertanggal 24 November 2021, Tumpal BT Siregar tercatat sebagai Wakil Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Samosir.

Sedangkan dalam Tim Sukses pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga pada Pilkada Tahun 2020 lalu, Tumpal BT Siregar merupakan Sekretaris Penghubung.

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Samosir, Josmar Naibaho yang dikonfirmasi menceritakan ihwal masuknya Tumpal BT Siregar di jajaran pengurus partai yang dipimpinnya.

"Begini ceritanya, awalnya saat saya mau jadi ketua gerindra samosir tahun 2021. Saat itu (saat pengajuan kepengurusan) komunikasi saya dgn ybs masih baik," tulis Josmar lewat pesan Aplikasi WhatsApp, Sabtu, (5/8/2023).

Kemudian, saat itu, lanjut dijelaskan Josmar, ia dan Tumpal BT Siregar memiliki hubungan bisnis.

"Karena kita juga ada hubungan bisnis (armadanya kita pake angkut batu). Saat itu saya minta dia utk masuk struktur dan bersedia," jelas Josmar.

Namun dalam perjalannya, sebut Josmar, Tumpal BT Siregar tak pernah aktif.

"Dia tak pernah aktif, tidak pernah hadir rapat dan tidak kita terbitkan KTA. Termasuk dalam pelantikan ybs tidak kita ikutkan dilantik. Jadi secara administratif dia tidak terlibat di partai gerindra," sebut Josmar.

Namun ketika ditanya perihal nama Tumpal Siregar tercantum dalam SK kepengeurusan DPC Partai Gerindra Kabupaten Samosir, Josmar membenarkannya.

"Ya, itu dia, tapi pada dasarnya tidak aktif dan tidak memiliki kta. Hanya saat pengajuan nama nama saya minta kesediaannya (lisan) dan dia bersedia," kata Josmar.

Akan tetapi, Jomsar juga menyampaikan bahwa Tumpal BT Siregar yang namanya lolos 10 besar calon KPU Samosir periode 2023-2028 berdasarkan pengumuman Timsel itu merupakan salah seorang Liaison Officer (LO) atau naradamping Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Samosir 2020 lalu.

"Nah, itu lah penjelasan dari saya sesuai fakta pak. Sebelumnya setahu saya ybs adalah LO paslon dari pdip pada pilkada lalu. Sewaktu menyerahkan dokumen perbaikan Bacalon rapberjuang, dia merupakan sekretaris penghubung," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Timsel KPU Samosir, Prof. Dr. R. Hamdani Harahap M.Si yang menandatangai pengumuman 10 nama calon KPU Samosir periode 2023-2028 tersebut ketika ikonfirmasi belum merespon.

Namun demikian, upaya konfirmasi terus akan dilakukan agar persoalan ini menjadi terang benderang.***