TOBA - Bhabinkamtibmas Polsek Balige jajaran Polres Toba, menggelar sosialisasi dan imbauan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada masyarakat Desa Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Jumat (4/8/2023). Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K  melalui Kasie Humas Polres Toba AKP Bungaran Samosir, menyebutkan, kegiatan yang digelar dalam rangka giat Ops Bina Karuna Toba Tahun 2023.

Dalam pelaksanaannya, personil Bhabinkambtimas melakukan sosialisasi mengenai karhutla ini. Kegiatan ini dolakukan dengan mengedepankan anggota Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi pemberitahuan tentang larangan karhutla kepada warga.

"Sosialisasi yang dilakukan merupakan salah satu langkah memutus perlakuan warga yang sering melakukan pembakaran lahan tanpa pengawasan serta tingkat kehati-hatian yang lemah mengakibatkan api merambat keberbagai lahan lainnya khususnya lahan Hutan," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan kesadaran hukum bagi masyarakat dan seluruh masyarakat tidak lagi melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

Terpisah Camat Balige Pantun Josua,SSTP mengatakan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi program kerja Kapolres Toba melalui jajarannya Polsek Balige dalam kegiatan sosialisasi himbauan untuk menjaga dan melarang melakukan pembakaran sembarangan di setiap lahan milik warga desa khususnya yang berdekatan dengan Hutan.

Menurutnya, untuk menghindari kebakaran hutan dan lahan lainnya yang ada dikawasan wilayah Kabupaten Toba secara khusus Kecamatan Balige wilayah Hukum Polres Toba.

"Kita juga mengimbau kepada seluruh warga serta menghimbau peranan aktif Kepala Desa dan jajaran Pemerintah Desa untuk tetap lebih pro aktif melakukan pengawasan guna menghindari kebakaran Hutan dan lahan lainnya," ujarnya.

Kepada masyarakat lainnya di kota dan Desa hingga dusun kita himbau jangan melakukan pembakaran sampah di sekitar pekarangan tempat tinggal para warga di seluruh wilayah Kecamatan Balige dengan sembarangan tanpa ada pengawasan dari awal membakar hingga matinya api pembakaran.

"Saya selaku Camat Balige mengingatkan seluruh warga yang di perdesaan dan dusun/Kampung (Huta) supaya tidak melakukan pembakaran dengan sembarangan disetiap lahan ataupun kebun yang masyarakat miliki, marilah kita bersama-sama menjaga alam ini demi kelangsungan kehidupan kita khususnya anak cucu kita di hari depan," pungkasnya.