TOBA - Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak membuka dan meresmikan pemusatan pendidikan dan pelatihan calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Toba tahun 2023 di Aula Hotel Sumatera, Balige, Kamis (3/8/2023). Para peserta calon Paskibra ini direkrut dari sejumlah SMA/sederajat yang ada di Kabupaten Toba. Mereka dilatih personil TNI AD Kodim 0210/TU selama 17 hari ke depan. 
 
Tonny M.Simanjuntak dalam amanahnya, meminta calon Paskibraka perayaan HUT RI ke - 77 serius dan fokus dalam mengikuti latihan serta melaksanakan semua arahan dan bimbingan para pelatih atau pembina.
 
"Semasa sekolah, menjadi anggota Paskibra adalah impian saya. Sayangnya impian itu tidak tercapai. Jadi untuk kalian semua anak-anak kami, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya," pesannya. 
 
Selama latihan, seluruh peserta harus menjaga kesehatan dan pola tidur yang baik. Karena menjadi anggota Paskibra bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih pada 17 Agustus mendatang. 
 
"Nantinya semua mata peserta upacara, dan masyarakat yang hadir di upacara perayaan HUT Kemerdekaan RI nantinya, pasti tertuju pada kalian. Untuk itu berupayalah berlatih sebaik baiknya agar jangan sampai melakukan kesalahan sekecil apapun, bina kekompakan tim dan harus solid," katanya lagi. 
 
Tonny juga menambahkan, ada 2 orang pelajar SMA asal Toba yang ikut menjadi anggota Paskibra di tingkat propinsi. 
 
"Dengan prestasi ini kita harus bangga, karena ada 2 siswa dari Toba yang lolos ikut menjadi anggota Paskibra di tingkat Propinsi," ucapnya.
 
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kaban Kesbangpol Kabupaten Toba Josib Broztito Sianipar, Danramil 17 Balige/0210/TU Kapten Inf. B.Siboro , Anjurmin Siburian mewakili Kacabdis Pendidikan Wilayah VIII Provinsi Sumut.