PADANGSIDIMPUAN - Jamaah Haji Indonesia untuk musim haji tahun 2023 sudah kembali ke kampung halamannya, termasuk Jemaah Haji asal Kota Padang Sidempuan yang tergabung dalam Kloter 19. Hanya saja setelah kembali menunaikan rukun Islam yang ke lima tersebut, muncul berbagai pertanyaan bahkan perdebatan antar jamaah haji terkait tambahan Air Zamzam sebanyak lima liter per jamaah.

Seperti halnya yang terjadi pada WhaatsApp Group jamaah haji Kloter 19 Padang Sidempuan yang beranggotakan ratusan orang, yang setiap hari ada saja jamaah yang pertanyakan 'nasib' jatah tambahan Air Zamzam sebagaimana Menteri Agama RI utarakan.

Terpantau, pada Jumat (4/8/2023) dari isi chating WAG antar Jamaah Haji Padang Sidempuan, pihak Kementerian Agama di wilayah itu seakan 'tak mampu kuasa' menjawab atas 'tuntutan' para jamaah yang mempertanyakan, kapan jatah air Zamzam bisa di jemput?

Salah seorang jamaah haji Kota Padang Sidempuan, Kodir Pohan, juga Ketua PWI Tapanuli Bagian Selatan (Persatuan Wartawan Indonesia wilayah Tabagsel), mengatakan bahwa jatah air zam-zam sebagaimana janji Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas betul-betul belum ada di terima.

"Memang saya sudah pertanyakan juga keluhan para jamaah Padang Sidempuan terkait jatah air Zamzam ini kepada Anggota Komisi VIII DPR-RI Pak Isqan Qolbu Lubis, "belum ada berita lanjutan. Kalau sidang nanti saya tanyakan ke Menteri. Insya Allah," kata Kodir menirukan jawaban Isqan Qolbu.

Terus terang, pasca kembali dari tanah suci Mekah pada 25 Juli 2023 lalu ke kampung halaman hingga hari ini, Jumat (4/8/2023) belum ada kabar yang jelas kita terima dari pihak terkait kapan air zam-zam yang di janjikan itu di terima. Makanya para jamaah bertanya-tanya, tambahnya.

Sebelumnya diketahui, Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas telah telah mengambil kebijakan untuk menambah amAir Zamzam yang akan di bagikan kepada para seluruh Jamaah Haji Indonesia.

Ketika itu, Yaqut Cholil mengumumkan hal tersebut bersamaan pelepasan keberangkatan jamaah kloter pertama Embaskasih Batam (BTH) 01 di Syisyah Mekah 3 Juli 2023.

Masih dalam website Kementerian Agama RI, senada Menteri Agama, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, diketahui adanya penambahan jatah air Zamzam sebanyak lima liter tersebut bagi jamaah haji Indonesia.

Bahkan dalam penjelasannya, Saiful menyatakan air Zamzam tambahan itu akan didistribusukan ke Kemenag Provinsi untuk diteruskan ke Kemenag kabupaten/kota.***