LANGKAT - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H.Syah Afandin SH di dampingi Kadis Kominfo H.Syahmadi,S.Sos,M.SP Road Show Sosialisasi Kampung Beasiswa di Kabupaten Langkat. Kegiatan dimaksud diadakan bertempat di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Selasa (1/8/2023).

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Provsu yang telah berkenan melaksanakan kegiatan ini di Langkat.

"Ini pastinya akan bermanfaat bagi para pelajar sebagai peserta kegiatan untuk membuka pola pikir dan cara pandang mengenai pendidikan secara lebih luas," ujarnya.

Maka berkaitan dengan itu melalui kegiatan ini, Afandin berharap akan menumbuhkan pemahaman dalam diri para pelajar kabupaten langkat agar berkeinginan menimbah ilmu yang setinggi-tingginya.

"Sebab dengan ilmu maka kalian akan meraih kesuksesan nantinya," ujarnya.

Selanjutnya Afandin berpesan kepada para siswa siswi untuk berusaha keras dalam upaya meraih impian menempuh pendidikan pada jenjang universitas sebagaimana yang diinginkan.

Ia juga menyampaikan bahwa ada 10 ribu beasiswa PIP untuk pelajar SLTA sederajat dari Kemendikbudristek RI dapat terealisasi secara maksimal di kabupaten Langkat.

Oleh karena itu, Afandin mengajak kepala desa untuk menganggarkan dana desa menjalankan program beasiswa kuliah bagi pelajar berprestasi yang kurang mampu dalam segi keuangan yaitu 1 desa 5 orang sarjana.

"Di mana Kabupaten Langkat mempunyai 240 desa, sehingga bisa tercipta 1.200 lulusan sarjana muda per satu priode," jelasnya.

Tim Ahli Kampung Beasiswa Disdik Provsu M.Wahyu Hidayah SH menyampaikan kehadiran kampung beasiswa di kabupaten langkat sebagai upaya untuk mensosialisasikan informasi beasiswa yang ada di Indonesia.

Sosialisasi itu dimaksudkan kepada para pelajar SLTA sederajat yang ada di Langkat yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan, terlebih lagi beasiswa daerah yang dikeluarkan oleh Pemprov Sumut.

Program ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan taraf pendidikan di Sumatera Utara dan Langkat.

"Harapannya program-program beasiswa yang digagas oleh Pemprov Sumut maupun Pemkab Langkat dapat berjalan selaras untuk meningkatkan sumber daya manusia di kabupaten Langkat," ujarnya.