MEDAN – Evalube, produk oli asli Indonesia terus mengakrabkan diri dengan komunitas dan klub motor yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan kembali berkolaborasi bersama Legend Riders Club melalui “Evalube X Legend Riders – Tour of Sumatra 2023” yang digelar 25 hingga 31 Juli 2023. Kolaborasi kali ini, dimulai dengan start Palembang dan finish Medan, Istana Maimun. Touring ini bertujuan mengeksplorasi potensi-potensi wisata Indonesia di sepanjang perjalanan agar semakin maju dan di kenal masyarakat luas. 
 
Commercial Director Evalube, Yomie Harlin disela-sela acara puncak dengan makan malam bersama para Legend Riders yang dirangkai talk show interaktif, Senin (31/7/2023) malam menyebutkan melalui kolaborasi kedua ini, pihaknya ingin potensi-potensi pariwisata Indonesia bisa lebih maju dan dikenal.
 
"Dan ini butuh keterlibatan dari seluruh pihak yang berkepentingan. Jadi kami melihat sebagai salah satu pelaku industri otomotif, perlu punya patner yang pas. Jadi kita menilai Legend Riders ini dengan spirit yang dimiliki dan pengalaman riding tentunya, pengalaman terdahulu menginspirasi kami untuk bisa sama seperti mereka," ujarnya.
 
"Jadi spirit itulah, sehingga kami memutuskan untuk berkolaborasi dengan Legend Raders," sambungnya seraya menambahkan kolaborasi tersebut dengan mendukung kegiatan Legend Rider dalam mengeksplor potensi Indonesia lebih sering.
 
Dengan begitu, potensi wisata termasuk kulinernya dan bagaimana feelnya satu area atau wilayah bisa diketahui masyarakat lebih luas. Disamping itu, touring ini juga untuk mengedukasi dan mengkampanyekan berkendera yang baik kepada para pengendara yang ditemui di area-area tersebut. 
 
Joel Mastana salah seorang anggota Legend Riders dalam kesempatan tersebut, menyebutkan perjalanan menggunakan sepeda motor memiliki banyak cerita.
 
Termasuk selama 6 hari perjalanan dari Palembang menuju Medan. Bahkan, ia mengaku sempat berpikir jalanan yang ditempuh rusak , namun karena rasa tanggung jawab dan keinginan mendukung pariwisata agar ekonomi daerah bangkit pasca Covid-19, membuat Legend Ridera tetap semangat.
 
Apalagi kegiatan ini memiliki 4 misi, masing-masing aksi keselamatan jalan, aksi lingkungan hidup, aksi sosial dan aksi wisata dengan seni, budaya kuliner. Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kearifan lokal.
 
Ia juga mengaku bangga menjadi orang Indonesia dan mengajak masyarakat menggunakan produk Indonesia.
 
"Di support produk Indonesia mempunyai kebanggaan tersendiri gitu ya jadi anak-anak tujuan kalian membawa otomotif ini melalui otomotif untuk Indonesia mendunia," ujarnya yang sudah sering melalukan touring baik domestik maupun internasional. 
 
Sebelumnya, Ketua Panitia touring, 
Dolly Indra Nasution menyebutkan Legend Riders Club merupakan komunitas motor skuter matik bongsor di atas 150 cc dengan anggota para legenda otomotif yang berprestasi di dunia motorsport Indonesia, seperti Chepot Hani Wiano, Dolly Indra Nasution, Fauzy Aldjufrie, Dodo TS, Agung Prabowo, Djangkung Bimantoro, Rio Sarwono, Candra Alim. 
 
“Legend Riders adalah komunitas motor beranggotakan mayoritas para legenda otomotif yang pernah berkancah di event nasional dan internasional di bidangnya masing - masing. Kita melakukan touring ini dengan tujuan ingin mengeksplor keindahan wilayah Sumatera," ujarnya.  
 
Oli Evalube dan pada legenda otomotif Legend Riders lanjutnya, memiliki kerja sama yang kuat. Pada tahun sebelumnya, Evalube juga pernah menggelar ajang bertajuk “Evalube x Legend Riders - Touring Jawa Bali 2022” dengan jarak sejauh 1600 km. Tahun ini, Evalube kembali berkolaborasi dalam perjalanan sejauh 1700 km menjelajahi Sumatera dan melintasi berbagai kota pasti akan menjadi pengalaman yang luar biasa. 
 
Ia menambahkan, dari Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melakukan simbolis pelepasan Ceremonial Start Legend Riders Club di kantor Kemenparekraf pada 18 Juli 2023 yang lalu. 
 
Perjalanan berikutnya dari titik awal di Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat), Palembang dilepas Commercial Director Yomie Harlin bersama Kapolda Sumatera Selatan Irjen. Pol. Albertus Rachmad Wibowo, S.I.K., M.I.K. serta para undangan.
 
Monpera merupakan ikon Palembang yang memiliki makna penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Gelaran Evalube ini mengedepankan konsep road touring untuk menjelajahi keindahan alam dan sejarah perjuangan bangsa.
 
Melanjutkan perjalanan ke arah selatan, seluruh anggota Legend Riders akan mencapai Prabumulih dan Lubuk Linggau. Perjalanan berikutnya akan menempuh 250 km menuju Muara Bungo dan berhenti di Pitstop Bengkel Evalube. 
 
Perjalanan kemudian membawa para riders ke Padangpanjang dan berhenti di Pitstop Bengkel Evalube yang terletak di Sumatera Barat. Kota ini mempunyai pemandangan alam yang indah dan budaya yang kaya.
 
Dari Padangpanjang, Legend Riders akan melanjutkan perjalanan ke Bukit Tinggi. Kota ini terkenal dengan bangunan berarsitektur Minangkabau yang khas dan objek wisata menarik. 
 
Perjalanan Legend Riders terus berlanjut hingga Padang Sidempuan hingga melintasi danau menuju Pangururan atau Pulau Samosir. Perjalanan akan berakhir di kota yang menjadi gerbang utama untuk menjelajahi Sumatera, yaitu finish di Istana Maimun Medan yang disambut perwakilan IMI Sumatera Utara.
 
Seluruh anggota Legend Riders ditantang untuk berkendara dengan aman melalui setiap kota hingga finish di Medan.
 
"Pada tahun sebelumnya, kami juga berkontribusi dalam touring Jawa Bali bersama Legend Riders, maka kali ini Evalube kembali bekerjasama dengan Legend Riders Club menjelajahi wilayah Sumatera. Touring ini tidak hanya memberikan pengalaman road touring saja, tetapi Evalube mengajak Legend Riders Club bersilaturahmi dengan pemilik bengkel serta mekanik Evalube di kota - kota yang disinggahi," ujar Marketing Manager Ivan Rastianto.
 
Dalam kesempatan tersebut Commercial Director Evalube, mengatakan berkomitmennya untuk terus mendukung upaya mengeksplorasi potensi-potensi wisata Indonesia yang dilakukan komunitas Legend Riders ini.
 
"Dan kita berharap ke depan, nanti kita bisa mengekspor lebih banyak wilayah lagi yang memungkinkan kita untuk mempromosikan Indonesia ini dan bercerita gitu ke banyak orang bahwasanya Indonesia, indah luar biasa," pungkas Yomie Harlin.