TOBA - Elvita Khairani Siagian (18) siswi terbaik Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Toba atas terpilih mengikuti Jambore Pramuka Dunia yang digelar di Sae Man-Geum, Korea Selatan, 1 - 12 Agustus 2023. Jambore Pramuka Dunia ke-25 ini diikuti 156 negara peserta, salah satunya Indonesia. Dalam kesempatan ini Kabupaten Toba mendapatkan kesempatan emas mengikuti kegiatan kepanduan akbar melalui torehan prestasi terbaik dari Elvita Khairani Siagian, siswi SMA Negeri 1 Laguboti Kelas XII jurusan MIA 5.

Selama 1,5 tahun, Elvita mengikuti seleksi di tingkat daerah, propinsi dan tingkat nasional untuk terpilih menjadi salah satu peserta Jambore Dunia tahun 2023.

Sebelum keberangkatan ke Korea Selatan untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H,S.I.K selaku Kakwarcab (Ketua Kwartir Cabang) Pramuka Kabupaten Toba Selasa, (25/7/2023) menerima audensi Elvita Khairani Siagian bersama 2 andalan Cabang Bina Muda Kwarcab Toba Supriyadi,S.Pd dan Sabar Siagian,S.pd.

Kehadirannya ini, meminta ijin dan restunya serta wejangan serta arahan dan bimbingan untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Taufiq Hidayat menyebutkan terpilih menjadi peserta Jambore Pramuka Dunia merupakan kesempatan besar bagi Kabupaten Toba khususnya SMA Negeri 1 Laguboti mendapatkan pengalaman berharga, serta ilmu yang akan bermanfaat untuk bekal di masa mendatang.

Ia juga berharap, ini bisa menjadi motivasi kepada generasi berikutnya untuk selalu berusaha mendapatkan yang terbaik dalam setiap kegiatan.

Menurutnya, Jambore Pramuka Dunia akan mampu mewujudkan mimpi dalam menjalin persahabatan dengan peserta lain. Serta kesempatan untuk perkenalkan dan promosikan kekayaaan dan keberagaman budaya nusantara.

AKBP.Taufiq menambahkan, Elvita Khairani Siagian ini adalah pelajar pintar yang mampu menguasai bahasa Korea dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Di era zaman sekarang pelajar muda harus mampu menguasai beberapa bahasa di dunia termasuk bahasa China/Mandarin, India karena negara ini adalah negara maju dan sudah memiliki peradaban teknologi yang canggih dan maju pesat termasuk Bahasa Inggris khususnya sebagai bahasa Dunia Internasional, ucapnya.

Kepada para orang tua, AKBP Taufiq berpesan agar senantiasa menjaga dan mendidik anak dengan baik dan penuh kasih sayang agar anak-anak di Kabupaten Toba bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang menyenangkan, memiliki budi pekerti luhur dan menjalankan nilai-nilai agama dengan baik.

Secara khusus AKBP Taufiq berharap dan berpesan kepada pemuda pelajar di Kabupaten Toba, jadikan dan contohlah kegigihan dan prestasi yang ditorehkan Elvita.

"Motivasi diri untuk berbuat lebih baik dan jerah yang benar, hindari berbagai perlakuan kriminal dan kenakalan kenakalan lainnya khususnya penyalaan gunaan dan peredaran Narkoba yang berakibat fatal menghambat raihan masa depan yang lebih baik," tandasnya.

Terpisah Andalan Cabang Bina Muda Kwarcab Toba Supriyadi,S.Pd dan Sabar Siagian,S.Pd yang mendampingi Elvita Khairani Siagian kepada www.gosumut.com menuturkan, keberhasilan Elvita adalah salah satu wujud nyata cita - cita Kapolres Toba selaku Kakwarcab Pramuka Kabupaten Toba yang telah memberikan berbagai program dan langkah stragisnya dalam membina Pramuka di Toba.

"Syukur Alhamdulillah, Elvita lah salah satunya pemenang dari sekian ratusan peserta seleksi dari seluruh Propinsi dan Kabupaten/Kota di NKRI yang nantinya akan diberangkatkan ke Korea Selatan mengikuti Jambore Pramuka Dunia," sebutnya.

Lanjut Supriyadi, peserta jambore Dunia ini akan berpartisipasi dalam berbagai kagiatan lomba yang menggabungkan antara keterampilan kepramukaan dengan kesenian budaya asal daerah dan negara masing masing peserta.

Pramuka bukan sebatas ekstakulikuler, tetapi sebagai wadah pembentukan pribadi dan karakter yang tangguh dan mandiri yang siap menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

"Nantinya, para peserta juga akan ambil bagian dalam berbagai program kegiatan kepramukaan yang aman, inklusif, dan berkelanjutan dengan dasar elemen kepramukaan inti, kepramukaan untuk kehidupan, mengasah kecerdasan, ilmiah, petualangan, budaya, tradisi dan aman berkelanjutan," tambah Sabar yang juga guru Jasmani dan Olahraga di SMA Negeri 1 Balige sekaligus sebagai Pembina Pramuka sekolah.

Usai diterima audensi, Kapolres Toba mengajak Elvita bersama kedua Andalan Cabang Bina Muda Kwarcab Toba melihat Sumur bertuah Raja Sisingamagaraja XII disamping Mako Polres Toba yang sebelumnya pembangunan dan peresmiannya dilakukan bekerja sama dengan Umat Agama Parmalim Huta Halasan Sionggang Kecamatan Lumbanjulu.

AKBP Taufiq menjelaskan kesakralan sumur bertuah tersebut yang menjadi warisan budaya leluhur bagi suku Batak Toba peninggalan Raja Sisingamangaraja XII sebagai salah satu pejuang dan pahlawan Nasional.