MEDAN - PLN UP2B Sumbagut memberikan edukasi mengenai pentingnya K3 kepada Masyarakat serta Pembekalan Mahasiswa Magang di Sekolah Tinggi Ilmu Management (STIM) Sukma, di Kampus STIM Sukma di Jl. Sakti Lubis, Medan, baru-baru ini. Kegiatan edukasi dan sosialisasi ini disampaikan Team Leader K3 Lingkungan dan Keamanan PLN UP2B Sumbagut, Rahmad Rizki.
 
Dalam siaran persnya yang diterima Kamis (27/7/2023), Rahmad menyampaikan pentingnya pemahaman K3 bagi mahasiswa, terlebih saat ini para mahasiswa akan memasuki priode magang di perusahaan selama 6 bulan.
 
K3 bukan hanya tentang baju, sepatu safety, dan APD, akan tetapi faktor lain juga perlu diperhatikan. Seperti cara duduk, berdiri, cara kerja, yang dapat mempengaruhi ergonomi tubuh.
 
Kondisi yang salah dapat merubah bentuk tubuh dan lambat laun akan menimbulkan masalah bagi orangnya. Seperti menggunakan dompet yang tebal di kantung belakang kebiasaan ini apabila dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan posisi pinggang tinggi pada salah satu sisi. Sehingga membuat orang tersebut menjadi cepat lelah saat berdiri, atau sakit pinggang saat berdiri terlalu lama. 
 
Rahmad juga menyampaikan pentingnya masyarakat dalam memahami bahaya penggunaan listrik apabila digunakan secara tidak tepat.
 
Hal ini karena kebiasaan tersebut dapat merugikan penggunanya, seperti kebiasaan meninggalkan rumah dalam kondisi seluruh peralatan elektronik dalam keadaan terhubung pada stop kontak, upayakan semua peralatan harus terlepas dari stop kontak apabila ditinggalkan. 
 
Hal ini karena apabila peralatan tersebut dimatikan dalam posisi terhubung pada stop kontak, selain terdapat konsumsi daya standby yang dapat menyebabkan tagihan pembayaran yang terus dibayarkan untuk peralatan standby tersebut.
 
Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada para mahasiswa untuk sadar terhadap budaya K3, serta memberikan gambaran kepada semua peserta untuk peduli dan awas terhadap potensi bahaya listrik di lingkungan kita masing masing. 
 
Wakil ketua STIM Sukma, Edi Winata SE. MM, menyampaikan selaku menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. 
 
Edi berharap kegiatan serupa dapat terus terjalin untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa, bagaimana iklim di dunia kerja, sehingga mahasiswa dapat mengasah kemampuan dirinya untuk siap memasuki dunia kerja.