MADINA - Azwar Nasution diamanahkan sebagai Ketua Umum (Ketum)  Ikatan Persatuan Abituren Santri (IPAS) Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Azwar terpilih usai menggelar Musyawarah Besar (Mubes) di halaman Pondok Pesantren Darul Tahuid Jambur Padang Matinggi, Kecamatan Panyabungan Utara. Acara Mubes itu pun dirangkai dengan Dzikir Akbar dan pemberian tausiyah yang disampaikan oleh 'Tuan Naposo'. 

Ketua Umum IPAS Muhammad Azwar Nasution. Dalam sambutannya, Azwar sapaan akrabnya, menuturkan bahwa IPAS merupakan wadah bagi seluruh alumni pondok pesantren dan santri-santri yang ada di Kabupaten Madina. 

"Alhamdulillah, dengan terlaksananya Mubes Ikatan Persatuan Abituren Santri. Jadi IPAS ini sebagai wadah bagi seluruh para alumni-alumni pesantren dan abituren santri yang ada di daerah kita," katanya kepada wartawan, Sabtu (22/7/2023). Sementara acara mubes IPAS Madina tersebut digelar pada Jumat 21 Juli 2023.

Kemudian Azwar menerangkan di wadah IPAS tak hanya alumni pesantren yang dapat bergabung, melainkan setiap orang yang pernah menjadi santri pun dapat bergabung. 

"Selama ini kan tidak ada wadahnya. Makanya ini kita buat," terangnya. 

Dalam program IPAS ujar Azwar menambahkan, nantinya akan ikut membantu dan memberikan dukungan penuh kepada Pemkab Madina menjalankan kegiatan amar makruf nahi mungkar secara terus menerus. 

"Alhamdulillah, kita lihat pemerintah sekarang ini sangat condong untuk kegiatan amar makruf nahi mungkar. Dan ini akan terus kita dukung," ujarnya. 

Selain itu, IPAS juga bakal melakukan Mudzakarah (musyawarah/tukar pikiran) setiap bulannya tentang perwujudan dari Ikon Kabupaten Mandailing Natal sebagai Kota Santri dan Serambi Mekkah Sumatera Utara. 

"Selama ini santri-santri setiap tamat sebagian tidak ada kegiatan. Nantinya kita akan buat Mudzakarah tentang bagaimana supaya sejalan Ikon Kabupaten Kota Santri, Serambi Mekkahnya Sumatera Utara," imbuhnya.

Sementara, Sekda Madina, Alamulhaq Daulay mewakili Bupati Madina dalam sambutannya berpesan semoga IPAS dapat menjadi wadah untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dan mempererat persatuan. 

"Kita sangat mendukung dengan adanya wadah IPAS ini. Harapannya dapat mempersatukan para alumni dan santri-santri dari berbagi pesantren yang ada di daerah kita ini. Dan ini semoga dapat meningkatkan Ukhuwah juga menambah keilmuan," ungkapnya. 

Dalam kegiatan tampak hadir Camat Panyabungan Utara, Ahmad Fadhlan, mewakili Kapolres Madina yang dihadiri Kasat Binmas, AKP Zorro, mewakili Danramil 13 Panyabungan , Pj Kades Jambur Padang Matinggi serta undangan lainnya.