PALAS - Badan Kemakmuran  Masjid (BKM) An Nur Padang Luar, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas) menyembelih 11 ekor lembu kurban di Hari Raya Iduladha 1444 H/2023 M. Pembagian daging kurban  diperuntukan  untuk jamaah masjid dan warga Lingkungan VI sebanyak 800 orang yang telah didistribusikan panitia kurban.
 
Ketua Panitia kurban Mesjid An Nur Faisal Harahap SE didampingi Ikban Siregar ditemui Kamis (29/6/2023) usai kegiatan pelaksanaan penyembelian hewan kurban mengatakan, hewan kurban jenis lembu yang disembelih sebanyak 11 ekor sebagai kurban Hari Raya Iduladha 1444 H.
 
Dikatakan, hewan kurban tersebut berasal dari masyarakat Lingkungan VI sekitarnya sebanyak 1 1 ekor lembu yang disembelih.
 
"Daging hewan kurban dibagikan kepada warga prasejahatera yang berada di lingkungan VI sekitarnya dengan sistem pembagian daging kurban warga penerima membawa kupon yang di bagikan panitia kurban," kata Faisal Harahap.
 
Kata Faisal, pelaksanaan kegiatan kurban di Mesjid An Nur sudah berlangsung selama 10 tahun secara rutinitas setiap Hari Raya Iduladha.
 
"Jumlah penerima kurban tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sekitar 40 persen karena pihak panitia mesjid tahun ini  menerima kurban dan hakikah sehingga pembagian daging kurban lebih merata di masyarakat," ungkapnya.
 
Amatan di halaman Mesjid An Nur, ratusan warga yang menerima pembagian daging kurban antrian untuk mengambil pembagian daging yang diserahkan panitia. 
 
Pembagian daging kurban berlangsung tertib dengan ketentuan setiap warga yang berhak menerima pembagian daging kurban membawa kupon.
 
Di tempat terpisah tokoh masyarakat lingkungan VI, H Hamzah Harahap dan Abduo Haris  mengajak, masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian untuk berkurban bagi masyarakat yang tergolong mampu. 
 
Dengan berkurban terbangun tali silaturrahmi yang  mengkedepankan kepentingan kemaslahatan umat khususnya di hari raya Iduladha," timpal Abdul Haris.