LANGKAT - Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin,SH melaksanakan Sholat Iduladha 1444 H, di Lapangan Alun-Alun T. Amir Hamzah Stabat, Kamis (29/6/2023). Tampak ribuan umat muslim melaksanakan shalat Iduladha. H.Mansyur, S.Ag bertindak sebagai Imam dan Khatib pada Shalat Iduladha pada hari ini.
 
"Hari ini kita berhari raya Idul Adha 1444 Hijriah dan sebagian dari saudara-saudara kita kemarin sudah ada yang melaksanakan hari raya," ujar Plt Bupati.
 
Ia berharap hal ini tidak menjadi polemik di tengah-tengah umat Islam.
 
Ia menyebutkan prosesi ibadah haji tidak terlepas dari nampak tilas Nabi Ibrahim AS beserta keluarganya yang menunjukkan ketaatan dan kecintaan hanya tertuju pada Allah SWT dan pernyataan tekad bahwa syaitan selamanya akan menjadi musuh manusia. 
 
Mudah-mudahan bagi mereka yang tahun ini melaksanakan ibadah kurban semoga semakin dicintai Allah SWT karena telah memenuhi seruannya.
 
"Bagi yang tahun ini yang posisinya sebagai penerima daging kurban karena belum berkemampuan mudah-mudahan tahun depan akan mampu beralih menjadi pemberi daging kurban," kata Ondim sapaan Syah Afandin.
 
Ia menambahkan melalui momen Iduladha ini diharapkan bisa membangun rasa empati dan kepedulian dan memupuk semangat berbagi. Semangat untuk hidup dalam persatuan ukhuwah wathoniyah sebagai warga bangsa Indonesia yang ber bhinneka.
 
H.Mansyur, S.Ag Khatib Shalat Idul Adha menyampaikan napak tilas Nabi Ibrahim AS beserta keluarganya hendaklah menjadi tauladan dengan menumbuhkan semangat berkorban untuk menempatkan panggilan Allah diatas segalanya.
 
 
"Mari kita wujudkan pribadi yang tidak saja soleh secara individu akan tetapi juga sholeh secara sosial yakin bermanfaat bagi diri dan keluarga serta bermanfaat juga bagi orang lain di sekitar kita dengan mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah kurban," ujarnya.