Medan - Stan Kabupaten Karo yang turut menyemarakkan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) tahun 2023 menampilkan berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hasil karya masyarakat setempat.
Adapun produk yang dipamerkan salah satunya adalah Madu Hutan yang dibudidayakan dari daerah Tigandreket, Kabupaten Karo. Dikemas dengan packaging menarik serta higienis, membuat produk madu hutan di stan Karo tersebut menjadi produk UMKM yang cukup digemari pengunjung PRSU.

Madu yang dihasilkan dari lebah budidaya ini menggunakan sistem ternak dan suplay makanan lebah berasal dari hutan. Dengan menempatkan seekor ratu lebah di tiap kotak ternak terbukti mampu membentuk koloni lebah untuk produksi madu hutan. Kandangnya sendiri sengaja ditempatkan di dekat hutan. Tujuannya agar kualitas madu hutan yang dihasilkan sesuai dengan jenis makanan lebah ternak tersebut.

Madu hutan atau madu mentah telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Bahan alami dan rasa manis dari madu hutan mengandung unsur yang sehat yang tidak dimiliki oleh madu olahan. Madu hutan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Manfaat madu hutan sebagai pemanis alami yang bebas gula dan pastinya aman bagi penderita diabetes.

Madu hutan, yang berasal langsung dari sarang lebah, mengandung bee pollen yang menyehatkan, propolis lebah, dan antioksidan. Madu hutan memiliki lebih banyak manfaat kesehatan dibanding madu biasa.

Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:
1. Mengandung Anti bakteri Alami
2. Mempercepat Penyembuhan Luka
3. Meredakan Batuk dan Pilek
4. Mengurangi Diare
5. Meningkatkan Selera Makan
6. Alternatif yang Baik untuk Diabetes
7. Melindungi Kulit dari Sinar UV Matahari

Pada stan PRSU Pemkab Karo juga menyediakan layanan terkait edukasi untuk membedakan madu asli dan madu palsu. Yaitu dengan metode visual dengan pengamatan produk pada saat madu mengalami pengadukan.

Selain budidaya madu yang dipamerkan, stan Karo juga menjual produk sarang madu muda dan sarang madu tua. Manfaat sarang madu ini sama dengan cairan madu. Ternyata minat masyarakat untuk mengkonsumsi madu beserta sarangnya cukup tinggi. Adalah untuk merasakan sensasi yang berbeda terhadap struktur sarang lebah yang lumer didalam mulut saat makan madu beserta sarangnya.

Sebagai bentuk dukungan, pemerintah kabupaten Karo memberikan sarana dan prasarana untuk permodalan, bimbingan teknis serta memasarkan produk-produk unggulan UMKM lainnya. Sehingga program pemerintah mewujudkan Sumut Naik Level dapat terlaksana.