LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menggelar rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2023. di Ruang Rapat Bappeda, Selasa (27/6/2023). Kaban Bappeda Hobbol Z. Rangkuti S.Sos. MM mengatakan menindaklanjuti Permendagri Nomor 53 Tahun 2022 tentang tata kerja dan penyelarasan kerja serta pembinaan kelembagaan dan sumber daya manusia tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Kabupaten/Kota.

Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan Ekstrem. Keputusan Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2022, tentang pedomanan umum pelaksanaan program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem menteri koordinasi bidang pembangunan manusia dan kebudayaan republik indonesia.

"Maka diperlukan beberapa upaya antara lain mempertajam basis data dan menspesifikasi program dan kegiatan untuk mencapai target penghapusan kemiskinan Ekstrim menjadi nol persen pada tahun 2024 dan selanjutnya sebagai upaya penghapusan kemiskinan Ekstrim." ucapnya.

Hobbol berharap melalui kegiatan ini Dinas terkait dan pihak Kecamatan, Kelurahan atau Desa, untuk betul betul melakukan pendataan. Agar data yang masuk valid dan tidak timpang tindih.

"Dengan melakukan pendataan yang benar, otomatis data yang didapatkan dari lapangan benar benar Valid. jadi kita tahu berapa persen angka kemiskinan ekstrim di Kabupaten labuhanbatu." ujar Hobbol.

Dirapat tersebut, Hobbol juga mengharapkan saran dan masukannya untuk jadi bahan evaluasi agar program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Labuhanbatu dapat terealisasi dan berjalan dengan baik.

Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Bappeda Ida Farida SKM.MKM menjelaskan saat ini rapat koordinasi kita arahkan ke Koordinasi data. karena sampai hari ini kita banyak megang data jadi terkadang ada tumpang tindih dan mis data disitu karena dari BPS megang data, dari Dinsos mengang data dan dari Dinas PMD pun megang data.

"Tujuan kita sebenarnya sama bagaimana penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Labuhanbatu bisa mencapai target sesuai dengan target Bapak Presiden RI Joko Widodo, penghapusan kemiskinan Ekstrim menjadi nol persen di tahun 2024," kata dia.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara tidak lanjut acara rapat koordinasi penghapusan kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Labuhanbatu yang dipandu oleh moderator Novalindawaty Ginting, S.ST.

Turut hadir Kadis PMD Abdi Jaya Pohan, Para Kabid, Inspektorat, RSUD, Mewakili BPS dan Tamu Undangan Lain.