TOBA - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Toba, Sumatera Utara dan jajaran bersama Golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada menggelar peringatan ke-116 tahun gugurnya pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII di Desa Silalahi Pagar Batu, Balige, Kabupaten Toba, Senin (19/6/2023). Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K dan untuk Komandan Upacara DanSub DenPom I/II-6 Balige, Kapten CPM Almuhar Chaniago.
 
Hadir sebagai peserta upacara diikuti jajaran pejabat Forkopimda Kabupaten Toba, sejumlah pimpinan perangkat daerah Pemkab Toba, pejabat eselon III, TP-PKK, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, utusan pelajar berikut jemaat dan pimpinan ugamo masyarakat adat Batak Golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada.
 
Usai upacara nasional digelar sebagai penghormatan atas jasa almarhum Raja Sisingamangaraja XII terhadap bangsa dan Negara RINkhisusnya di Tanah Batak acara dirangkai dengan ziarah dan peletakan krans bunga setrta penaburan bunga di makam Raja Sisingamangaraja XII serta di pusara keluarganya.
 
Ditengah acara tabur bunga dan peletakan krans bunga Kabid Pemberdayaan Sosial Lambok Siahaan membacakan sejarah singkat perjuangan Raja Sisingamangaraja XII melawan kolonial Belanda di Tanah Batak hingga tanah Rencong Aceh.
 
Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak dalam amanah dan sambutannya menyampaikan pesan khusus kepada kaum muda dan pelajar Putra dan Putri Toba supaya meneladani semangat juang patriot Raja Sisingamangaraja XII.
 
"Peringatan wafatnya pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII kita laksanakan di setiap tanggal 17 Juni setiap tahunnya. melalui upacara peringatan ini hendaknya seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi muda Batak dapat mengenang kembali akan semangat juang dan patriotisme yang dikorbarkan Raja Sisingamangaraja XII dalam perjuangannya mempertahankan wilayah tanah Batak dari penjajahan kolonial Belanda secara nasional,” kata Wabup Tonny.
 
Lanjutnya, untuk itu kepada seluruh generasi muda penerus bangsa supaya memiliki jiwa patriotisme dan semangat juang untuk mengisi kemerdekaan yang telah dicapai pada tahun 1945 demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara khusus di Kabupaten Toba.
 
Dalam ritual acara yang digelar sesuai tradisi adat ugamo masyarakat adat Batak dari Golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada. Mereka memanjatkan doa-doa bagi Raja Sisingamangaraja XII yang telah mengorbankan jiwa dan raganya sewaktu menentang penjajahan kolonial Belanda.
 
Diacara ritual yang dilaksanakan masyarakat adat Batak dari Golongan Si Raja Batak Parbaringin Malim Marsada diiringi dengan alunan Gondang Batak Sada Bangunan yang disertai dengan ritual tortor Batak. Tampak semua umat manortor bersama sebagai penghormatan dan penghargaan kepada arwah Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII.