TOBA - FOReTIKA se-Indonesia melirik dan menjadikan PT.Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk menjadi perusahaan untuk kunjungan studi tour dan penelitian dikarenakan kecanggihan teknologi dalam pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI). Dalam kunjungan ini, FOReTIKA se-Indonesia membawa 80 orang dekan/dosen untuk melihat secara langsung akan teknologi pengolahan HTI terbaik di Sumatera Utara yang dimiliki TPL perusahaan penghasil bahan baku kertas (Pulp).
 
Ketua dari FOReTIKA, yang juga Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) Naresworo Nugroho, menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan pembelajaran dalam kunjungan ini. 
 
Hal-hal baru tentang perbanyakan clone tanaman Eucalyptus yang disilangkan dan menghasilkan berbagai jenis clone lainnya untuk meningkatkan produktifitas sehingga 4 - 5 tahun dapat dilakukan pemanenan.
 
“Ini sangat luar biasa dan kita harapkan ke depannya teknologi ini dapat saling berbagi tidak hanya tentang pembibitan akan tetapi bidang lainnya seperti pemanenan, pengelolaan limbah dan industri. Semoga dengan kerja sama dan kolaborasi ini bisa mengenal lebih dekat dengan TPL dan  perusahaan semakin jaya kedepannya,” tutur Naresworo.
 
Dari sisi operasional, modernisasi pembibitan (nursery) menjadi hal yang terus dikembangkan oleh TPL untuk memastikan masa periode penanaman dan panen tanaman industri tidak akan mengganggu konsistensi serapan karbon di wilayah konsesi.
 
Rudi Hartono Dekan Fakultas Kehutanan USU mengungkapkan pada tahun 2023 lalu, USU menjadi tuan rumah rakor dan tahunan dan lokakarya FOReTIKA berdasarkan reputasinya sebagai lembaga pendidikan terkemuka dan keberhasilannya dalam bidang kehutanan.
 
“Dibutuhkan kerjasama serta sinergi berbagai pihak dalam mendukung pencapaian Fakultas Kehutanan USU sampai sekarang ini, termasuk TPL sendiri yang sudah banyak mendukung kegiatan-kegiatan Fakultas Kehutanan USU, seperti pada akhir 2022 disepakati kerja sama antara Fakultas Kehutanan USU dengan perusahaan serta banyak kunjungan industri yang dilakukan oleh mahasiswa kami. Maka dari itu kunjungan kali ini merupakan rangkaian dari kegiatan FOReTIKA untuk melihat langsung teknologi terbaru dari TPL,” terangnya.
 
Deputy Social Capital Head, Linggom Dongoran, Senin, (19/6/2023) menyebutkan, TPL menerima kunjungan FOReTIKA se-Indonesia yang sebelumnya sudah melakukan acara Rakor dan Tahunan dan Lokakarya di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 15 - 16 Juni 2023 lalu.
 
Disebutkannya, kunjungan ini untuk melihat lebih dekat terkait teknologi terkini yang diterapkan oleh perusahaan. 
 
Dalam kehadiran kunjungan FOReETIKA se-Indonesia di TPL Linggom Dongoran selaku Deputy Social Capital Head beserta jajarannya menyambut langsung kehadiran rombongan di Komplek TPL dan memberikan pemaparan singkat terkait dengan pengelolaan industri yang diterapkan di perusahaan.
 
“Sungguh sebuah kehormatan bagi kami atas kunjungan dari FOReTIKA yang sudah memilih perusahaaan kami untuk melihat teknologi terkait dengan modernisasi pembibitan dan operasional TPL secara keseluruhan. Kami berharap kunjungan ini sebagai salah satu langkah baik untuk lebih mengenal teknologi yang saat ini kami terapkan,”ujar Linggom.
 
 
Rakor dan Tahunan dan Lokakarya FOReTIKA merupakan acara tahunan yang diadakan sebagai wadah untuk memperkuat kerja sama dan menyatukan lembaga-lembaga pendidikan tinggi kehutanan di seluruh Indonesia, melalui diskusi dan berbagi pengetahuan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan kehutanan di negara ini.