PALAS - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Padanglawas (Palas) mensosialisasikan tentang manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada guru dan tenaga kependidikan (GTK) Non PNS di sektor pendidikan.


Sosilaisasi ini menindaklanjuti surat edaran Mendikbud Ristek Nomor :8 Tahun 2021 terkait kepesertaan pada sektor pendidikan formal dan non formal di lingkungan sekolah selama dua hari mulai 12-13 Juni 2023 di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Palas, Wahyudi didampingi Kukuh Adisetyo mengatakan, kegiatan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan di sektor pendidikan mulai dari tingkat kelompik bermian, PAUD, TK, SD dan SMP di lingkungan kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Palas.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan mengundang 356 sekolah yang ada untuk hadir mengikuti sosilaisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bagi kalangan guru dan tenaga kependidikan baik pendidikan formal maupun non formal.

"Dari 356 sekolah yang diundang yang mendaftar hanya 63 sekolah dengan jumlah 235 orang tenaga kerja honorer," terang Wahyudi dan Kukuh Adisetyo, Kamis (15/6/2023) melalui pesan WhatsApp.

Dikatakan, pihak BPJS Ketenagakerjaan juga masih menerima pendaftaran susulan dengan cara membawa berkas pendaftaran dari pihak sekolah yang langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Palas.

Kata Wahyudi, diharapkan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Palas untuk menginstruksikan seluruh sekolah untuk mendaftarkan tenaga kerja honorer menjadi pserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita berharap, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas untuk lebih tegas menyikapi surat edaran Mendikbud Ristek Nomor : 8 Tahun 2021 terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai non PNS di sekolah pendidikan formal dan non formal," ungkap Wahyudi.

Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, Hj.Rosida Wati Suriani,S.Pd didampingi Kabid GTK,Laskar Nasution berharap, semua sekolah yang ada tenaga kerja honorer dapat segera mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan ini cukup bermanfaat karena memberikan kontribusi positif untuk jaminan sosial bagi guru non PNS dilingkungan Dinas Pendidikan," harapnya.

Hadir dikegiatan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, seluruh kepala sekolah mulai dari kelompok bermain, PAUD, TK, SD serta SMP se Kabupaten Palas.