MEDAN - Jamaah calon haji (calhaj) Kelompok terbang (kloter) 16 Embarkasi Medan, akan bertolak langsung menuju Makkah menggunakan pakaian ihram, hari ini, Kamis (8/6/2023) sekira pukul 17.15 Wib. Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI) Kloter 16, Drs.H.Abdul Haris Harahap MAP yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Deliserdang, Rabu (7/6) di Asrama Haji Medan (Ahmed) mengatakan pihaknya telah menginformasikan kepada jamaah terkait penggunaan pakaian ikhram.

"Ya, sudah disampaikan kepada jamaah bahwa kloter 16 adalah gelombang kedua Embarkasi Medan yang berangkat ke Tanah Suci, langsung ke Makkah. Sehingga, jamaah menggunakan pakaian ikhram karena setibanya di Makkah akan melaksanakan umrah. Maka, jamaah akan mengambil niat umrah (miqot) ketika pesawat melintas sebelum atau di atas Yalamlam atau Qarn al-Manazil,"kata Abdul Haris.

Terkait tugas sebagai TPIHI, Abdul Haris menyebutkan bahwa hal ini adalah amanah yang akan diemban dengan iklhas.Sehingga, seluruh jamaah dalam kloter ini akan diberikan pelayanan berkaitan dengan ibadah.

"Sebagai TPIHI akan saya siapkan catatan proses ibadah haji jamaah agar dapat mengetahui sejauh mana jamaah menunaikan wajib haji dan rukun haji,"ucapnya.

Hal lain disampaikanya jumlah jamaah Deliserdang dalam kloter 16 sebanyak 342 orang. Dari jumlah ini ada 30 orang yang menggunakan kursi roda, sementara jamaah lansia ada 12 orang.