Asahan - 100 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Asahan mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Hotel Marina Kabupaten Asahan, Rabu (7/6/2023). Dalam sosialisasi tersebut, diberikan pemahaman kepada Kades terhadap program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Ketua Komisi II DPR RI, H. Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa tanah merupakan salah satu aset penting yang harus dapat dikelola secara aman tanpa adanya masalah yang mungkin saja terjadi di kemudian hari.

"Inilah fungsi dari program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) ini, dan yang sangat penting adalah sebagai dasar bukti kepastian hak atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum," ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup berharap peningkatan peran dari para Kepala Desa untuk menyebarluaskan informasi mengenai program PTSL ke masyarakat yang belum mengetahui, agar seluruh bidang tanah di Kabupaten Asahan dapat segera terdaftar.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi II DPR RI Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si., M.T. mengatakan tujuan sosialisasi kali ini yakni agar masyarakat memahami dan ikut serta bersama pemerintah mensukseskan program strategis seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Kepada peserta sosialisasi yang umumnya adalah Kepala Desa di Kabupaten Asahan, saya berharap untuk memahami apa itu program PTSL yang sedang dijalankan Kementerian ATR/BPN dan dapat melaksanakannya di tengah masyarakat," jelasnya.