TOBA - Pengurus cabang (Pengcab) Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Kabupaten Toba, siap menggelar Kejuaraan Forki Toba (Kejurkab) Bupati Toba Cup II Tahun 2023. Sejauh ini, tercatat sekitar 395 karateka yang siap bertarung dari 8 Perguruan Cabang Karate yang mengirimkan atlet Karatekanya 7 Cabang Perguruan.
 
Ke 7 cabang perguruan yang mengirimkan karatekanya di antaranya Perguruan Karate KKI, SHIROITE, Tako Indonesia, INKANAS, GojuAss, Keishinkhan dan Perguruan Karate Gokasi.
 
”Kejuaraan tahun 2023 adalah Kejurkab Forki Toba yang kedua kalinya, setelah Kejurkab Forki Toba yang pertama sukses digelar di tahun 2022 lalu,” kata Ketua Harian Forki Toba Marimbun Marpaung.
 
Untuk pelaksanaan Kejurkab yang bakal digelar dilaksanakan di Gedung Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba dan akan berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu, (2 - 4 Juni 2023). 
 
Dalam Kejurkab Bupati Toba Cup II Tahun 2023 ini mempertandingkan 42 Kelas pertandingan, mulai dari kelas usia Dini, Prapemula, Pemula, Cadet, Junior, Under 21 Tahun dan Kata Perorangan.
 
Ketua Umum Forki Toba Tonny M Simanjuntak (Wakil Bupati Toba) melalui Marimbun Marpaung selaku Ketua Harian Forki Toba didampingi Sekretaris Umum Forki Toba Bona Nainggolan menyampaikan, dari jumlah atlit yang bertanding dipastikan jalannya kejuaraan akan berlangsung seru. 
 
Pasalnya, event tersebut menampilkan beberapa atlet karate andal dari seluruh Dojo cabang perguruan Karate se Kabupaten Toba.
 
Lanjutnya, Kejurkab ini adalah juga sebagai salah satu ajang seleksi dan pencarian bibit Karateka untuk dipersiapkan menghadapi berbagai Iven di tingkat Wilayah dan Propinsi serta untuk menjadi bibit atlit Karate ke tingkat Nasional.
 
Ketua panitia Kejurkab Forki Toba Bupati Toba Cup - II Tahun 2023 Chandra Sirait didampingi Sekretaris Panitia Sabar Siagian juga menyebutkan, karateka dari Tujuh Cabang Perguruan Karate se Kab. Toba telah mendaftarkan Karatekanya ke panitia pertandingan.
 
"Kejurkab ini menjadi salah satu ajang untuk unjuk kebolehan masing masing atlet Karate Toba dari berbagai Cabang perguruan Karate se Kab.Toba setelah menjalani latihan di Dojo masing masing cabang perguruan” katanya, sekaligus menjaring bibit baru karateka-kareteka andal dari Kabupaten Toba.
 
Ia pun mengingatkan para karateka untuk menjunjung tinggi sportifitas selama pertandingan berlangsung. 
 
“Jaga sportifitas, dan mari kita laksanakan kejurjan Forki Toba ini untuk membawa nama baik Kabupaten Toba melalui prestasi karate di tingkat daerah hingga Nasional dan Internasional,” pesannya.
 
Guna mempersiapkan pelaksanaan Kejurkab, panitia mengawali kegiatannya dengan penerimaan pendaftaran serta penimbangan badan karateka untuk penempatan kelas pertandingan masing masing krateka Kamis, (1/5/2023).
 
Dilanjutkan dengan melakukan technical meeting bersama tim manager/official masing masing cabang perguruan karate yang akan mengikuti pertandingan.
 
Dalam technical meeting yang digelar membahas kesepakatan bersama dan berbagai ketetapan aturan pertandingan yang harus di patuhi dan ditaati seluruh tim karateka.
 
Selama pertandingan digelar tidak dibenarkan melakukan protes diluar dari yang telah disepakati dalam technical meeting.
 
Untuk perguruan karate yang tidak hadir dianggap telah menyepakati dan menyetujui hasil keputusan technical meeting,;jelas Chandra Sirait selaku Ketua Panitia Pertandingan.