PALAS - Dua orang jamaah Calhaj asal Kabupaten Padanglawas gagal berangkat ke tanah suci tahun ini. Kedua jamaah yang gagal berangkat tersebut atas nama Anas Nasution (68) dari Kecamatan Barumun Selatan karena kondisi sakit dan sedang dirawat dirumah sakit. Satu jamah lainnya, atas nama Hanafi Hasibuan dari Kecamatan Sosa meninggal dunia.
 
Demikian disampaikan Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Palas, H. Abdul Manan, MA, Kamis (1/6/2023) malam, saat pemberangkatan Calhaj Palas dari Masjid Agung Al Munawwarah.
 
Dikatakan, Calhaj yang berangkat haji sebanyak 352 orang melalui kelompok terbang (Kloter) 11. Dan dua calhaj gagal berangkat karena sakit dan meninggal dunia.
 
Musim haji 1444 H/ 2023 ini, lanjutnya ada 402 calhaj yang akan diberangkatkan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Sebanyak 302 calhaj berangkat melalui Kloter 11 dan 50 calhaj bergabung di Kloter 17 bersama calhaj Kabupaten Serdang Bedagai serta Kota Medan.
 
Sedang 50 calhaj yang tergabung di Kloter 17, insya Allah diberangkatkan pada 7 Juni 2023 dan masuk Asrama Haji Medan tanggal 8 Juni serta terbang ke Arab Saudi pada tanggal 9 Juni 2023.
 
Lanjut H.Abdul Manan, dari 402 orang calhaj Palas terdiri dari 159 calhaj laki laki dan 243 calhaj perempuan. Sedang calhaj tertua berusia 92 tahun, atas nama Tiorun Hasibuan dari Kecamatan Lubuk Barumun dan Calhaj termuda berusia 22 tahun, atas nama Lely Khairani Lubis dari Kecamatan Hutaraja Tinggi.
 
Plt Bupati Padanglawas, drg.H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, MH sebelum memberangkat calhaj Padanglawas berpesan, kepada seluruh jamaah agar senantiasa menjaga kesehatan dan pola makan.
 
Zarnawi juga mengingatkan, agar Calhaj Palas selalu menjaga kekompakan dan saling membantu, sehingga semua rangkaian ibadah bisa dilaksanakan dengan baik.
 
Apalagi 352 calhaj yang berangkat merupakan orang pilihan yang menjadi tamu Allah SWT, dhuyufurrahman yang berkesempatan menunaikan ibadah haji ke Tanah suci di musim haji tahun ini. 
 
"Selamat menunaikan ibadah haji, lupakan segala aktivitas dan kesibukan di kampung halaman dan fokus pada kegiatan ibadah yang menjadi tujuan utama ke tanah suci Mekkah,"katanya.
 
Turut hadir di acara pemberangkatan Calhaj Palas, Sekda, Arpan Nasution,S.Sos, seluruh unsur Forkopimda, Ketua MUI Palas, H. Ismail Nssution, Lc, MTH, para Asisten dan Pimpinan OPD, Ketua Baznas Palas, H. Paraduan Tanjung, Camat se-Kabupaten Palas.