BATANG TORU - Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu sekaligus ketua tim terpadu sejak tahun 2022 mengatakan, air sisa proses di PT Agincourt Resources (PTAR) dipastikan aman jika dibuang ke sungai Batangtoru. Dirinya menyebutkan bahwa kegiatan Desiminasi pengumuman hasil laboratorium air sisa proses PT Agincourt Resource telah kali ke dua dilaksanakan, bahkan untuk pengambilan sisa air prosesnya sudah berkali-kali, bahkan dijadwalkan setiap bulannya langsung turun ke lokasi untuk mengambil sample.

“Saya katakan saya sudah pernah minum airnya itu, benar bukan saya karang-karang. Bahkan pak Andika dan pak Syahrul juga sudah pernah minum,” kata Bupati Tapsel, di sela kegiatan Desiminasi pengumuman hasil laboratorium air sisa proses PT Agincourt Resource, Selasa (30/5/2023).

Untuk menanggapi dikalangan masyarakat bahwa limbah sisa hasil proses dari tambang dapat diragukan, Dolly katakan banyak memang menganggap ini limbah, padahal ini hasil proses. Berbeda limbah dengan yang sudah diproses.

“Sekilas mata kita melihat memang airnya jernih, tapi hasil uji leb itulah yang menentukan. Hari ini hasil proses dibacakan oleh ahlinya itu yang pertama, kemudian mereka punya keilmuan dan kapasitas,”sebutnya.

“Artinya kalau mereka nyatakan sisa air proses ini aman, berarti aman bukan untuk dikomsumsi melainkan aman jika dibuang ke sungai Batangtoru. Apalagi untuk habitat ikan yang ada di sungai Batangtoru juga tidak berpengaruh sama sekali,” pungkas Dolly.