PALAS - Utusan Kafilah Kabupaten Padanglawas (Palas) berhasil meraih Juara Umum ke 2 pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke- XVIII tingkat Provinsi Sumut tahun 2023. Kegiatan STQH ke XVIII tingkat Provinsi Sumut tersebut digelar di Gor Aula Perguruan Al Azhar Medan yang berlangsung mulai  20-26 Mei 2023.

Di kegiatan acara penutupan STQH tingkat Provinsi Sumut 2023 turut dihadiri Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH dan Ketua  LPTQ Kabupaten Palas, Arpan Nasution,S.Sos dan Kabag Kesra, Musa Irwan Hasibuan.

Plt Bupati Palas melalui Kabag Kesra Setdakab Palas, Musa Irawan Hasubuan,S.Psi mengatakan, prestasi yang diraih Kabupaten Palas sebagai Juara Umum ke 2 STQH ke- XVIII  tingkat Provinsi Sumut  tahun ini merupakan prestasi yang menjadi kebanggaan daerah dan masyarakat Kabupaten Palas.

"Alhamdulillah, Kabupaten Palas  tahun ini berhasil meningkatkan prestasi meraih juara umum ke 2 STQH Provinsi Sumut dengan meraih berbagai juara dari setiap cabang yang di perlombakan," katanya, Jumat (26/5/2023).

Ia menuturkan, pada STQH ke XVIII tingkat Provinsi Sumut, Kafilah Kabupaten Palas  menempatkan 9 orang kafilah yang meraih juara di berbagai cabang yang dilombakan. 

Musa Irwan menjelaskan, adapun prestasi yang diraih kafilah antara lain, terbaik 1, 500 Hadis Putra, terbaik II, 100 Hadis Putra, terbaik 1, Tafsir Bahasa Arab Putra, terbaik II, Tafsir Bahasa Arab Putri dan terbaik 3, 10 Juz Putra dan Harapan I, 30 Juz Putri dan Harapan 3,1 Juz dan Tilawah Putri. 

Ditambahkan, meningkatnya prestasi utusan kafilah Kabupaten Palas pada STQH ke XVIII tahun 2023 tingkat Provinsi Sumut ini dapat dicapai berkat banyaknya pembinaan dan dukungan penuh dari berbagai pihak serta LPTQ Kabupaten.

"Kiatnya keberhasilan meraih prestasi ini karena banyak pembinaan, selain yang sudah dijadwalkan pemerintah daerah ditambah dari masing-masing gurunya juga memberikan pembinaan kepada para qori-qoriah, hafiz-hafizah," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Musa Irwan, untuk memotivasi para peserta, Pemkab Palas memberikan dukungan penuh, salah satunya melakukan pembinaan dengan maksimal bagi  para peserta yang menjadi utusan daerah.

"Prestasi Kabupaten Palas  pada STQH ke-XVIII  Provinsi Sumut  tahun 2023 merupakan kerja tim, dari para pembina, para guru dan  peserta yang giat berlatih, juga para official dari LPTQ Kabupaten serta  Kemenag Kabupaten Palas," timpalnya. 

Selain itu, berkat support dan komitmen yang tinggi dari Bapak Plt  Bupati Palas, Sekda selaku Ketua LPTQ  yang ikut mendukung selama kegiatan STQH berlangsung, tutupnya.