MEDAN - Jamaah calon haji (calhaj) , asal Deli Serdang Tiba di Asrama Haji Medan (Ahmed), Rabu (24/5/2023) sekira pukul 08.00 Wib. Dalam rombongan kelompok terbang (kloter) 2 ini, Alwi Umar Batubara (19)Alwi Umar Batubara (19) menjadi calhaj termuda sedangkan tertua, Amiem Wagiman Abdullah (90). Ditemui disela-sela penerimaan kedatangan calhaj, Alwi menuturkan bisa menunaikan ibadah haji merupakan salah satu impiannya. Sedianya, yang berangkat haji ini, ayahnya bersama dengan ibunda tercintanya, Syafrida SAg.
 
"Namun, qodarullah, ayah meninggal tahun lalu. Kemudian langsung diuruskan sama mama, kami ahli warisnya, ada kakak empat orang dan satu orang abang," ujarnya.
 
Kemudian setelah melalui kesepakatan Alwi yang merupakan mahasiswa semester 4 Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) ini mendapat amanah dan kesempatan menggantikan ayahnya, Alm. Awam Batubara.
 
Disebutkan Alwi, orangtuanya mendaftar haji tahun 2012, dan sedianya berangkat tahun lalu jika kondisi normal. Karena saat melakukan pendaftaran waiting listinya, 10 tahun.
 
"Perasaan senang. Cuman sedih juga, karena ini mimpinya ayah sama mama. Karena kita flashback tahun lalu, kalau ayah masih hidup insyaallah berangkatlah," ujarnya.
 
Anak bungsu dari enam bersaudara ini, juga menyebutkan saat nanti berada di Tanah Suci, ingin mengejar ibadah -ibadah sunnah. 
 
"Di Madinah rindu dengan Rasullullah, kalau di Makkah dekat dengan dengan Allah, karena banyak doa mustajab di sana. Kota Haram, semua indah di sana," imbuhnya.
 
Alwi berharap, setelah mendapatkan kesempatan menunaikan Rukun Islam kelima, saudaranya yang lain juga bisa cepat menyusul menunaikan ibadah haji.
 
"Harapannya, kalau bisa keluarga bisa cepat nyusul. Kalau ada rezeki umrah keluarga besar," pungkasnya.