MEDAN - Sebanyak 359 jamaah calon haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) 1 asal Kabupaten Mandailing Natal dilepas menuju Kota Madinah menggunakan Garuda Airlines pukul 07.43 WIB, Rabu (24/5/2023). Sebelum berangkat ke Bandara Kualanamu, seluruh jemaah melaksanakan prosesi pelepasan yang dihadiri Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI H. Marwan Dasopang, Anggota Komisi VIII DPR RI Muhammad Husni dan Iskan Qolba Lubis, Staf Ahli Menteri Agama RI Hasan Basri Sagala, Sekretaris Dirjen PHU Kemenag RI Ahmad Abdullah, Bupati Mandailing Natal Jafar Sukhairi Nst, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM.
 
Hasan Basri Sagala dalam sambutannya mengatakan meminta jamaah agar selalu bersyukur karena dapat menunaikan rukun Islam yang kelima. 
 
Ia berharap kepada seluruh calhaj untuk menjaga kondisi kesehatan dan tidak memaksakan segala sesuatu untuk dilaksanakan agar dapat melaksanakan ibadah yang wajib dengan prima.
 
“Alhamdulillah mari kita panjatkan syukur kita kepada Allah. Hari ini Bapak Ibu sekalian menjadi orang terpilih yang akan berangkat menuju tanah suci melaksanakan ibadah haji. Untuk itu, kami berharap seluruh jemaah dapat menjaga kondisi fisiknya. Perhatikan aspek-aspek kesehatan. Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan sesuatu yang mengganggu ibadah wajib saat kondisi tubuh tidak prima,” ucap Hasan.
 
Ia juga mengatakan seluruh petugas haji siap untuk melayani dan membantu seluruh jemaah. Kondisi di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. Di sana, cuacanya jauh lebih panas, sehingga seluruh jemaah harus dapat menyesuaikan diri. 
 
“Kita sudah siapkan petugas baik di tanah air dan sesampai di tanah suci. jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada petugas. Di seluruh tempat sudah kita siapkan petugas untuk membanut jemaah terutama layanan kesehatan,” sambungnya.
 
Sementara Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang menekankan agar seluruh jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan maksimal dan meraih gelar haji yang mabrur.
 
“Selamat menjalankan ibadah haji bagi para duyufurrahman. Keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada seluruh jamaah yang dapat berangkat tahun ini. Kami menyampaikan kepada saudara sekalian bahwa bukan hal yang mudah karena dibahas hingga berhari-hari. Namun dari biaya yang sudah sepakati, Alhamdulillah hari ini kita mulai keberangkatan,” ucap Marwan.
 
Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Ahmad Qosbi mengatakan jamaah haji asal Mandailing Natal telah melakukan prosesi karantina di Asrama Haji dan siap untuk berangkat menuju Kota Madinah.
 
Ia juga berterima kasih kepada Kementerian Agama RI pusat dan anggota DPR RI yang telah berjuang dan berkomitmen penuh untuk kemaslahatan masyarakat terkait penyelenggaraan ibadah haji.
 
 
“359 jemaah haji akan kita antar ke Bandara Kualanamu untuk terbang ke Kota Madinah. Dalam pelepasan kloter 1 ini Alhamdulillah dihadiri Wakil Ketua Komisi VIII dan anggota DPR RI serta Staf Ahli Kemenag RI, Sekretaris Dirjen, Kadinkes, dan Bupati Madina. Semoga menjadi penyemangat jemaah semua untuk beribadah di tanah suci dengan maksimal,” ungkap Kakanwil.
 
Kakanwil juga mengatakan sebelum melaksanakan prosesi pelepasan, para pejabat yang hadir berkesempatan mengecek langsung bagaimana pelayanan ibadah haji termasuk mengecek bus yang memberangkatkan para jemaah. Kakanwil berharap ada saran dan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan jemaah haji.
 
Dalam prosesi pelepasan sejumlah pejabat yang hadir juga secara resmi memberikan tugas melalui penyerahan pataka. Setelah itu, seluruh jemaah meninggalkan Asrama Haji Medan dan menuju Bandara Kualanamu.