PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH tepung tawari dan mengupah-upah 403 jamaah calon haji (Calhaj) di Aula Masjid Agung Al Munawwaroh Sibuhuan, Selasa ( 23/5/2023). Calhaj yang ditepung tawari terdiri dari 160 orang calhaj laki-laki dan 243 calhaj perempuan.
 
"Insya Allah saya nanti bersama 17 Camat akan berangkat dari Padanglawas menuju Asrama Haji Medan pada 1 Juni 2023,"kata Plt Bupati.
 
Ia juga berpesan, kepada calhaj Kabupaten Palas yang berjumlah 403 orang untuk selalu menjaga kesehatan sebelum keberangkatan dan jangan melakukan pekerja menimbulkan resiko kesehatan.
 
Ditambahkan,terapkan pola hidup sehat selama menunggu masa keberangkatan ketanah suci dan dapat  melaksanakan semua rangkaian ibadah haji di tanah suci.
 
Plt Bupati menjelaskan, pola hidup sehat dimaksud untuk tetap menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan sebelum keberangkatan secara  rutin mencek kesehatan di pusat pusat layanan kesehatan terdekat.
 
Dikesempatan tepung tawar, Plt Bupati juga instruksikan, seluruh Kepala Puskesmas untuk memberikan pelayanan prima sscara gratis kepada calhaj yang berobat sebelum bertolak ke Asrama Haji Medan dari Kabupaten Palas pada 1 Juni 2023 ini.
 
"Semoga bapak dan ibu calhaj yang menunaikan ibadah haji   mendapatkan predikat Haji yang mabrur dan hajjah yang mabrurah dalam mewujudkan Kabupaten Palas yang  Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Ghofur," katanya.
 
Ia juga berpesan, pergunakan sisa waktu delapan hari ini untuk memantapkan bacaan doa doa dan tata cara ibadah haji.
 
Tujuannya agar para jamaah calon haji lebih mandiri dalam pelaksanaan ibadah dan tidak bergantung pada bacaan doa tim pendamping haji.
 
Plt Bupati jugamengingatkan, calhaj agar menjaga kekompakan, kebersamaan, saling membantu antara satu sama lain. Dan kepada Tim Pendamping Haji (TPHI) untuk tetap mendampingi dan melayaninya.
 
"Mari kita doakan bersama untuk 403 jamaah calon haji yang nantinya akan kita berangkatkan, semoga  melaksanakan ibadahnya dengan sebaik baiknya dan kembali lagi ke tanah air sejumlah 403 orang pula," tandasnya.
 
Terkait pengecekan kesehatan calhaj, Kadis Kesehatan Palas, Amelia Roitona Nssution,SKM MKM mengatakan, pemeriksaan kesehatan calhaj terus dilakukan sebelum keberangkatan ke tanah suci Mekkah.
 
"Penyakit diabetes, hipertensi, asam urat dan kolesterol tinggi merupakan penyakit yang mendominasi calhaj lanjut usia," terangnya.
 
Ia juga berharap, sebelum keberangkatan agar rajin mengecek kesehatan seperti, cek gula darah, tensi, asam urat dan kolesterol, dan khusus kepada calhaj, seluruh pemeriksaan kesehatan digratiskan dan langsung disambut tepuk tangan oleh para calhaj.
 
Ia menambahkan, calhaj memanfaatkan masa tunggu keberangkatan dengan menghapal dan mengulang tata cara, doa-doa dan urutan rangkaian ibadah haji.
 
Sebelumnya, seorang perwakilan calhaj asal Barumun Tengah, Elfin  Hamonangan Harahap, yang juga anggota DPRD Kabupaten Palas dari Fraksi PKB menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemkab Palas atas tepung tawar yang bertujuan memberikan semangat dan doa keselamatan kepada calhaj.
 
"Upah-upah atau tepung tawar ini sebagai doa agar bisa melaksanakan semua  rangkaian ibadah haji di tanah suci dan pulang dengan selamat dengan menyandang gelar haji yang mabrur/mabrurah," tuturnya.
 
Ia juga mengingatkan, calhaj agar tak lupa memanjatkan doa supaya para peminpin di Palas dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik baiknya.
 
"Kami sebagai masyarakat yang juga calhaj selalu mendoakan Kabupaten Palas selalu damai dan makmur," tutupnya.
 
Untuk diketahui dari 403 orang calhaj Palas  terdiri dari 160 orang calhaj laki laki dan 243 calhaj perempuan. Sedangkan umur termuda 22 tahun dan tertua 92 tahun.
 
Calhaj yang tergabung dalam Kloter 11 tersebut akan dilepas dari Kabupaten Palas  menuju Asrama Haji Medan pada tanggal 1 Juni 2023. 
 
Masuk Asrama Haji pada 2 Juni 2023 sekira pukul 14.00 WIB dan akan bertolak dari Bandara Kuala Namu Medan menuju Madinah Al Munawwarah pada 3 juni 2023 pagi.