SIBOLGA - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga giat memberikan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Materi kali ini mengingatkan bahaya pengguna narkotika dan kenakalan remaja. Sosialisasi program JMS  tersebut menyasar ke SMA Negeri 1 Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (24/5/2023) pagi.
 
Melisa Lanniari Lubis, SH selaku Jaksa menerangkan, banyak jenis narkotika dan obat-obatan terlarang.
 
Ia menyebutkan pengertian dari Napza merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif.
 
Menurutnya, Napza tersebut mengacu pada kelompok senyawa yang dapat menyebabkan kecanduan bagi penggunanya.
 
Sedangkan untuk Psikotropika adalah zat atau obat yang bekerja menurunkan fungsi otak serta merangsang susunan syaraf pusat.
 
Sehingga menimbulkan reaksi berupa halusinasi, ilusi, gangguan cara berpikir, perubahan perasaan yang tiba-tiba, dan menimbulkan rasa kecanduan pada pemakainya.
 
"Jadi narkotika atau obat terlarang itu jangan pernah digunakan apalagi menyimpan dan mengedarkan, hukuman paling singkat 4 tahun, 12 tahun hingga seumur hidup," katanya.
 
"Jadilah anak generasi bangsa yang jauh akan narkoba kalau bisa tingkatkan lagi prestasinya," pinta Melisa.
 
Sementara, Febri Adiaksa, SH juga mengutarakan, narkoba di atur dalam UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.
 
"Hukuman bagi pecandu dan pengedar dapat dikenai sanksi pidana penjara, denda, rehabilitasi medis, sosial dan pidana mati," urainya.
 
Febri juga mengharapkan, kenakalan remaja juga kalau bisa dijauhkan, seperti ugal-ugalan, mencuri dan sebagainya. 
 
"Kasihanilah orang tua kita yang telah menyekolahkan kita sampai saat ini, sekolah lah yang rajin serta hormati guru kita. Kalau tidak ada guru mau jadi apa kita generasi bangsa ini," sebutnya.
 
Masih lanjut Febri, kalau bisa niatkan cita-cita adik-adik ke depan. 
 
"Mau jadi jaksa, polisi dan TNI itu semua baik, tapi niatkan mulai sejak dini jauhi narkotika dan kenakalan remaja," sebutnya.
 
Dalam kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) turut dihadiri, dari Kejaksaan Negeri Sibolga, Febri Adiaksa, SH, Melisa Lanniari Lubis,SH, Kasi SMA-Sibolga-Tapteng Hotma Tarihoran, Kepala SMAN 1 Tukka, Faisal Tanjung serta para guru lainnya.