SIMALUNGUN - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Medan menggelar pelatihan potensi sar teknis pencarian dan pertolongan dipermukaan air, di Mess Pora-Pora Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Senin (22/5/2023. Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Basarnas Didi Hamzar meyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk melatih personil Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se Kawasan Danau Toba agar lebih kompeten serta tetap siap siaga untuk menolong setiap korban kecelakaan dipermukaan air perairan Danau Toba.
 
Selain itu juga untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi sinergitas antara Kantor Basarnas Medan, Pos Basarnas Toba, BPBD Daerah dan berbagai instansi terkait dalam menangani korban kecelakaan dan berbagai insiden lainnya diperairan Danau Toba. 
 
Kegiatan seperti ini lanjutnya, dijadwalkan akan rutin dilaksanakan. Sehingga setiap personil memiliki kemampuan dan kesiapsiagaan serta kecepatan untuk memberikan pertolongan. Hal ini sebagai salah satu jaminan keselamatan bagi masyarakat dan wisatawan yang berlibur/berwisata di kawasan Danau Toba.
 
"Dengan kegiatan yang kita gelar, tentunya kita bukan mengharapkan insiden atau kecelakaan terjadi di kawasan perairan Danau Toba. Semua ini sebagai antisipasi, karena bencana ataupun kecelakaan pasti akan terjadi walaupun kita tidak bisa memastikan waktunya kapan dan dimana akan terjadi. Namun ketika insiden itu terjadi semua personel Basarnas dan BPBD di Daerah berikut instansi yang terkait telah memiliki keahlian dan kesiapan diri personil serta kompetensi untuk menolong para korban," imbuhnya. 
 
Sementaea Kepala Kantor Basarnas Kelas A Medan Budiono menyebutkan, dalam pelatihan yang digelar ini diikuti 50 perserta dari Basarnas, perwakilan Organisasi Masyarakat, Penggiat Lingkungan, BPBD Pemerintahan Kabupaten dan anggota TNI/Polri sekitaran Kawasan Danau Toba. 
 
Pihaknya berharap melalui kegiatan ini, semua peserta sudah memiliki kemampuan teknis untuk menolong korban kecelakaan ketika ada musibah atau kecelakaan di perairan Danau Toba sebelum Tim Gabungan Basarnas tiba di tempat kejadian.
 
 
Pelatihan bertema'Melalui pelatihan teknis pencarian dan pertolongan di permukaan air dan bagi potensi SAR di Kawasan Danau Toba, Kita tingkatkan kemampuan dan solidaritas dalam melaksanakan pencarian dan pertolongan secara profesional, Sinergi dan militan' dibuka Wakil Bupati Toba Tonny M Simajuntak. 
 
 
Hadir dalam pelatihan tersebut, General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Persero Danau Toba Heru Wahyono, Kepala Koordinator Pos Sar Toba Hisar Turnip, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba dr. Pontas Batubara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se Kawasan Danau Toba, Danramil 11 Parapat Kapten Inf Ricad Pasaribu, Kapolsek Parapat AKP Jonni Silalahi, Kanit Polairud Markas Danau Toba dan Kanit Polairud Polres Samosir.