PALAS – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padanglawas (Palas) menggelar khataman Al-Qur’an dan penamatan siswa Kelas IX,di halaman madrasah tersebut, Kamis (11/5/2023). Khataman Al Quran dan penamatan siswa Kelas IX Tahun Pelajaran (TP) 2022-2023 sebanyak 405 siswa terdiri dari 140 laki-laki dan 265 perempuan.

Kepala MTsN1 Palas, Hj Mahyarni Junida Nasution S.Pd MA mengatakan, peserta didik yang akan mengakhiri masa sekolah madrasah diharapkan terus membaca Alquran yang menjadi pedoman hidup.

Dikatakan, kegiatan khatam ini bukan berarti sudah selesai untuk membaca Al-Quran tetapi untuk lebih giat lagi membaca dan mempelajari Al-Quran untuk memahami tajuid dan makhrajnya.

Ia juga berpesan, peserta didiknya untuk terus belajar dengan baik dan melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Tanamkan didalam hati sanubari anak-anak ibu, untuk selalu jujur dan disiplin serta berakhlak mulia serta tetap berbakti kepada orangtua serta selalu menghormati guru walaupun sudah alumni madrasah,” pesannya.

“Alumni madrasah harus wajib membaca Al-Quran, tidak hanya saat di lingkungan madrasah tetapi juga di lingkungan keluarga dan mayarakat harus aktif membaca Al-Quran sebagai bekal untuk kebaikan dunia dan akhirat,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan, anak didiknya yang telah menimba ilmu selama tiga tahun dilingkungan madrasah, dapat menjadi generasi yang selalu menebar kebaikan sesuai dengan ajaran islam yang terus tertanam dengan baik pada diri anak-anak semua.

"Berbuat baik sesuai norma al quran untuk menjadi generasi yang memiliki akhlak dan moral serta budi pekerti yang menjadi kebanggaan orangtua," pesannya.

Ditambahkan,lanjutkan cita-cita anak-anak sampai ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk mengikuti pendidikan informal untuk membawa keberhasilan untuk masa depan.

"Jaga prilaku dengan baik dan bekali diri dengan moral karakter serta disiplin yang baik untuk menjadi insan yang berguna bagi nusa dan bangsa dimasa mendatang," timpalnya mengingatkan ke peserta didik yang akan mengakhiri masa sekolah di madrasah tahun ini.

Alumni madrasah harus berprilaku baik dan memiliki sikap tauladan yang berakhlak mulia sebagai kualitas yang mampu menunjukan jati diri sebagai generasi yang beradab, bermoral, beretika dan sopan santun,tutupnya.

Hadir di kegiatan penamatan, sesepuh dan pelopor Madrasah, Hj Samsidar Hasibuan, Anggota DPRD Palas, H.Fahmi Anwar Nasution,ST, Kasi Penmas Kemenag H.Ahmad Husein Nasution, Kasi Pakis Sahut Marhua Lubis S.Ag.

Tampak juga Kepala SMA N 1 Barumun, Ikhsanul Nasir Hasibuan MM, Kepala MAN I Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahnidar Azwarni Nasution S.Ag dan orangtua siswa.