MEDAN - Fakultas Kedokteran UISU berkerjasama dengan Fudooshin Aikido Kobayashi Indonesia dan Aikido Kobayashi Dojo Jepang, menyelenggarakan seminar dan embukai Aikido di Aula serbaguna FK UISU Lt 7 Jl.STM No 77 Medan, yang berlangsung dari tanggal 6-7 Mei 2023. Seminar ini melibatkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Medical Research Institut (MRI) FK UISU.

Rektor UISU Dr.Hj. Safrida,SE,MSi yang diwakili Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan kewirausahaan, Ahmad Bakhori, ST,MT secara resmi membuka seminar tersebut.

Rektor mengharapkan kepada 32 peserta yang hadir terdiri dari mahasiswa dan Aikidoka (praktisi Aikido) seluruh Sumatera Utara dapat mengambil makna dan nilai positif dari olahraga bela diri murni ini yaitu dapat menselaraskan energi bebas menjadi positif, sehingga terciptanya keharmonisan seperti filosofi dari ilmu Aikido yang diciptakan oleh shihan asal jepang Morihei Ushiba yang terkenal dengan O’ Sensei.

Di sisi lain, Dekan FK UISU dr.H.Indra Janis,MKT yang diwakili oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan dr.H. Alamsyah Lukito, M.Kes, Dipl.Bioeth. juga menekankan pada manfaat nilai nilai ilmu Aikido dalam penerapan sehari hari terutama mencegah terjadinya kekerasan dan pelecehan, baik terhadap mahasiswa maupun terhadap tenaga kesehatan di tempat mengabdi.

Sementara itu, Ketua Fudooshin Aikido Indonesia, Sensei Safridoli Tampubolon,SE,MSi.(4th Dan Aikikai) mengucapkan terima kasih atas kerjasama UISU khususnya FK UISU dalam atensinya terhadap Ilmu Aikido.

"Di mana di FK UISU telah dapat dibuka satu Dojo Baru Aikido, berhubung sudah adanya seorang instruktur yang black belt (sabuk Hitam) berasal dari staf pengajar tetap FK UISU yaitu dr.Marzuki Samion,MA (K3) sehingga kesinambungan pengkajian terhadap Aikido dapat berjalan untuk mewujudkan tema seminar ini," terangnya.

Pada seminar Internasional ini, instruktur yang didatangkan khusus mewakili Aikido Kobayashi Dojo Jepang adalah Shidoin Yuji Kasahara (5th Dan Aikikai) berasal dari Tokyo yang secara serius selama dua hari hadir memberikan ilmunya dalam menghadapi kondisi kondisi darurat yang mungkin terjadi sehari hari, terutama pada mahasiswa peserta seminar internasional ini.

Di samping koreksi terhadap teknik-teknik yang diperagakan oleh praktisi Aikido, seminar ini juga ada dua peserta Aikidoka yang mengambil ujian grading yaitu satu orang dari Dan -2 ke Dan- 3 serta satu orang dari Kyu-1 naik ke sabuk hitam /Dan-1.dan dinyatakan lulus.

Acara seminar internasional ini ditutup pada pukul 16.30 dengan pembagian sertifikat dan foto bersama peserta dengan instruktur.