LANGKAT- Pemerintah Desa Batu Jonjong, Kecamatan Bohorok,  menggelar forum konsultasi publik pendataan awal Regrestasi Sosial Ekonomi (Regsosek) satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, Jum'at (5/5/2023) di aula kantor desa itu.
Kepala Desa Batu Jongjong, Alvianus Ginting, mengatakan bahwa kegiatan forum konsultasi publik yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik merupakan tindaklanjuti dari hasil pertemuan yang dilaksankan di Pemerintah Kecamatan Bahorok beberapa waktu lalu.

“Jadi kegiatan ini telah dijadwal dan serentak secara nasional," yang wajib didukung karena merupakan program pemerintah pusat urai Ginting.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini tentunya (BPS) sebagai Pemerintah Desa sangat bersyukur dan berterimakasih,. Pasalnya ini akan menjawab berbagai pertanyaan dari masyarakat kepada Pemerintah Desa tentang persoalan bantuan yang diterima warga.

Jadi lanjutnya, hari ini Pemerintah Desa Batu Jonjong diberikan kesempatan oleh BPS untuk melaksanakan verifikasi dan pendataan sekira 537 KK masyarakat yang tersebar di enam dusun serta penentuan kriteria masyarakat penerima bantuan ke depan.

“Pemerintah Desa melakukan pendataan di masyarakat, dan dibagi dalam 4 macam kriteria, pertama sangat miskin, miskin, rentan miskin dan tidak miskin. Semua data penduduk yang berdomisili di Desa Batu Jonjong datanya telah diserahkan kepada masing-masing kepala Dusun dan telah diverifikasi pungkas Ginting.

Sementara, asisten fasilitator pendataan registrasi sosial ekonomi (Regsosek) Wesley Tambunan menjelaskan FKP bertujuan untuk melakukan finalisasi data masyarakat di desa/kelurahan setempat berdasarkan pengkategorian kesejahteraan masyarakat, kata Wesley.